Foto: iStock

Agar kadar gula darah penderita diabetes tetap stabil, mereka tak boleh makan sembarangan. Berikut 4 menu sarapan untuk penderita diabetes.

Sarapan adalah salah satu aktivitas yang perlu dilakukan setiap orang. Karena dengan sarapan, bisa membuat orang lebih semangat.

Menu sarapan yang biasa dikonsumsi adalah roti, bubur, sereal, hingga nasi dan lauk. Tapi, untuk penderita diabetes perlu diperhatikan menu yang baik dikonsumsi.

Mereka dilarang mengonsumsi makanan yang mengandung gula berlebih. Hal ini agar kadar gula darah dalam tubuh penderita diabetes tetap stabil.

Dilansir dari Times of India (25/1), berikut 4 menu sarapan yang baik dikonsumsi penderita diabetes:

1. Sereal

menu sarapan sehat untuk penderita diabetesmenu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock

Sereal adalah salah satu makanan yang sering dikonsumsi saat sarapan. Tapi, tentu saja jenis sereal yang baik dikonsumsi penderita diabetes harus diperhatikan.

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan memilih sereal. Harus yang tinggi serat dan kandungan gula yang rendah. Ini agar kadar gula darah dalam tubuh tetap terjaga.

2. Bubur

menu sarapan sehat untuk penderita diabetesmenu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock

Bubur juga makanan yang umum dikonsumsi saat sarapan. Biasanya orang Indonesia sangat menyukai bubur ayam untuk sarapan. Karena teksturnya yang lembut dan hangat.

Bubur ayam juga biasa dipilih karena rasanya yang ringan. Jadi, tidak terlalu mengenyangkan. Bubur juga jadi salah satu menu sarapan yang baik dikonsumsi penderita diabetes.

Jenisnya bisa memilih bubur gurih, seperti bubur ayam dan bubur Manado. Apalagi pada bubur Manado terdapat banyak kandungan sayuran. Jadi, lebih sehat dikonsumsi untuk tubuh.

3. Roti Gandum

menu sarapan sehat untuk penderita diabetesmenu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock

Roti juga biasa dikonsumsi saat sarapan. Biasanya roti dimakan begitu saja atau dimakan bersama selai. Ada juga yang menjadikan roti sebagai sandwich dan roti panggang.

Bagi penderita diabetes, perhatikan jenis roti yang baik dikonsumsi oleh mereka. Roti gandum adalah jenis roti yang paling tepat dikonsumsi penderita diabetes.

Karena dalam roti gandum mengandung karbohidrat yang tinggi. Roti gandum rasanya juga tidak manis dan mengandung serat yang berperan penting dalam mengatur kadar gula darah.

4. Alpukat

menu sarapan sehat untuk penderita diabetesmenu sarapan sehat untuk penderita diabetes Foto: iStock

Alpukat adalah buah yang banyak memiliki kandungan nutrisi penting. Di dalamnya memiliki kandungan vitamin C, asam lemak omega-3, magnesium, hingga potasium.

Kandungan asam lemak omega-3 pada alpukat ternyata baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Alpukat juga bisa jadi alterntif menu sarapan yang baik untuk tubuh.

Biasanya alpukat dijadikan isian untuk sandwich. Bisa juga dikombinasikan dengan oats atau olahan telur.

Lantas, apa saja menu sarapan yang harus dihindari penderita diabetes?

Menu sarapan yang harus dihindari adalah makanan dengan kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi. Untuk makanan yang harus dihindari seperti sereal manis, waffle, pancake, kue kering, dan lainnya.

Untuk minuman juga kamu harus menghindari yang tinggi gula. Seperti teh manis, kopi instan, jus kemasan, smoothies, dan lainnya.

Editor : Aron
Sumber : detik