Foto: AP Photo/Ben Margot

Tim produsen mobil listrik Amerika Serikat (AS) Tesla dikabarkan batal datang ke Indonesia membahas peluang investasi. Tim Tesla sempat direncanakan ke Indonesia awal Januari lalu, kemudian diundur pada Februari 2021. Namun, untuk kedua kalinya rencana itu batal alias ditunda sampai waktu yang belum pasti.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyatakan perwakilan Tesla membatalkan kunjungannya ke Indonesia pada Februari 2021.

“Iya (jadwal kedatangan akan mundur dari Februari 2021),” kata Juru Bicara Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi dikutip dari CNN Indonesia, Senin (1/2/2021).

Hal ini karena aturan pembatasan kedatangan warga negara asing (WNA). Kunjungan tim Tesla ini dalam rangka penjajakan pembangunan pabrik baterai di Indonesia. Dia menekankan tim Tesla hanya menunda kedatangannya ke Indonesia. Kata Jodi, Tesla masih menunggu aturan pembatasan kunjungan WNA dicabut.

“Bukan batal. Masih menunggu restriksi, pembatasan, kunjungan orang asing dicabut,” katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya mengundang CEO Tesla, Elon Musk untuk berinvestasi di Indonesia. Dia mengajak Musk berinvestasi di bidang mobil listrik dan sebagai lokasi bantalan peluncuran (launching pad) Space X.

Ajakan itu disampaikan Jokowi saat melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Musk pada Jumat (11/12). Dalam pembicaraan itu, Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Dalam keterangan itu, Musk disebut menanggapi undangan Jokowi. Rencananya, Musk akan mengirimkan timnya ke Indonesia untuk menjajaki semua peluang kerja sama tersebut.

Editor : Aron
Sumber : detik