Ilustrasi. Kontrol munculnya serangan asam urat dengan beberapa pilihan obat herbal. (Istockphoto/ Spukkato)

Kelebihan asam urat bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat tak tertahankan. Anda bisa mencoba beberapa pilihan obat herbal asam urat untuk mengontrol gejala yang timbul.

Penyakit asam urat bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering menyerang pria berusia di atas 30 tahun. Sementara pada perempuan, penyakit ini bisa muncul setelah memasuki masa menopause.

Konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan, dan beberapa jenis hidangan laut berkontribusi terhadap timbulnya asam urat. Kondisi medis tertentu juga memeranguhi penyakit tersebut.

Rasa nyeri pada umumnya akan berkembang dengan cepat dalam beberapa jam dan disertai nyeri hebat, pembengkakan, serta muncul warna kemerahan pada area yang terasa.

Tak ada obat yang bisa menyembuhkan asam urat, namun beberapa cara bisa mengontrol dan mencegah timbulnya gejala.

Berikut beberapa pilihan obat herbal asam urat untuk mengontrol timbulnya gejala.

1. Air lemon

Mengutip Medical News Today, studi menemukan bahwa menambahkan perasan dua lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh.

2. Jus ceri

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatology menemukan, peningkatan asupan ceri selama dua hari menurunkan risiko serangan asam urat hingga 34 persen.

Ceri mengandung antosianin, sebagai senyawa anti-inflamasi, yang tinggi. Ceri bisa dikonsumsi secara utuh, dibuat jus, atau suplemen ekstrak ceri.

3. Jahe

Jahe adalah salah satu rempah yang kerap digunakan untuk mengatasi kondisi peradangan. Kemampuannya mengatasi asam urat telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian.

Mengutip Healthline, studi menemukan penggunaan jahe topikal mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat.

Buat kompres atau pasta jahe. Rebus air dengan 1 sdm jahe segar yang diparut. Rendam kain lap ke dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan lap pada area yang terasa nyeri setidaknya sekali sehari selama 15-30 menit.

4. Cuka sari apel, perasan lemon, dan kunyit

Campuran cuka sari apel, perasan lemon, dan kunyit dapat digunakan untuk mengontrol serangan asam urat. Penelitian menemukan, perasan lemon dan kunyit dapat menurunkan asam urat.

Campurkan air lemon hangat dengan 2 sdt kunyit dan 1 sdt cuka sari apel. Minum sampai dua hingga tiga kali sehari.

5. Seledri

Untuk asam urat, ekstrak dan biji seledri menjadi pengobatan rumah yang populer.

Meski belum banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut, namun seledri dipercaya dapat mengurangi peradangan.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia