Ilustrasi daun kelor. Foto: Shutterstock
Daun Kelor sudah dikenal dengan berbagai manfaat kesehatannya —untuk kulit, mempercepat penyembuhan luka, menurunkan berat badan, gula darah, dan masih banyak lagi. Namun, tanaman yang tumbuh di beberapa bagian Afrika, Amerika Selatan, dan Asia ini ternyata juga punya manfaat bagi kesehatan mata, lho!
Daun kelor telah digunakan sebagai obat-obatan sejak zaman kuno, dan saat ini masih digunakan sebagai obat alami sampai sekarang. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kelor membawa banyak khasiat bermanfaat seperti sebagai antijamur, antivirus, antidepresan dan anti-inflamasi. Salah satu penelitian tentang manfaat kesehatannya untuk mata berhubungan dengan penyakit katarak.
Daun kelor untuk pengobatan katarak
Manfaat Daun Kelor untuk Mata: Bisa Melindungi dari Risiko Katarak, Lho (1)
Operasi katarak gratis Foto: ANTARA FOTO/Akbar Tado
Pengaburan lensa alami mata, atau yang dikenal sebagai katarak, adalah salah satu kondisi penyebab paling umum gangguan penglihatan di Amerika. Tidak hanya di AS, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menganggap katarak sebagai penyebab utama kedua dari gangguan penglihatan pada skala global.
Seseorang bisa mengembangkan kondisi katarak karena beberapa faktor, seperti penuaan, diabetes, hipertensi, dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Studi terbaru menunjukkan bahwa stres oksidatif akibat ketidakseimbangan antara antioksidan dan oksigen juga menjadi penyebab utama kerusakan sel di mata —yang mengarah pada pembentukan katarak.
Maka dari itu, fungsi antioksidan menjadi penting untuk kesehatan mata. Studi yang diterbitkan jurnal BMC Complementary and Alternative Medicine mempelajari kemampuan daun kelor untuk mencegah katarak menggunakan ekstrak batang —untuk mengevaluasi efeknya pada lensa mata tikus yang terpapar stres oksidatif.
Manfaat Daun Kelor untuk Mata: Bisa Melindungi dari Risiko Katarak, Lho (2)
Ilustrasi daun kelor Foto: dok.shutterstock
Tingginya tingkat senyawa antioksidan kuat dalam daun kelor membuat tumbuhan ini cocok untuk dipelajari. Penelitian ini menemukan kalau ekstrak kelor yang dipelajari dapat membantu mengurangi stres oksidatif (yang menyebabkan pembentukan katarak) dengan meningkatkan sistem antioksidan endogen di mata.
Walau begitu, masih banyak penelitian dan tes yang perlu dijalani untuk memasukkan tanaman ini sebagai obat penyembuhan katarak. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, pastikan untuk terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter —sebelum mengonsumsi ekstrak kelor untuk pengobatan penyakit tertentu.
Editor : Parna
Sumber : kumparan