Ilustrasi teh hijau Foto: Shutter Stock
Terdapat banyak manfaat minum teh hijau di pagi hari, salah satunya adalah meningkatkan metabolisme yang ada di dalam tubuh. Meski demikian, kamu bisa mengkonsumsi teh hijau pada waktu yang berbeda-beda. Hanya saja ada beberapa manfaat dari teh hijau yang memang efektif untuk dikonsumsi pada pagi hari.
Kamu bisa mengkonsumsinya satu jam setelah bangun tidur dengan takaran satu gelas penuh. Hal tersebut akan membuat kamu mendapatkan berbagai macam manfaat dari teh hijau ini, terlebih jika kamu mengkonsumsinya di sekitar pukul 08.30 – 11.00 pagi. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menjalani hari karena kondisi badan yang sudah fit.
Tetapi jangan sampai kamu mengkonsumsi teh hijau dengan perut yang kosong, karena hal ini akan menyebabkan asam lambung menjadi naik. Terlebih jika kamu memang seseorang yang memiliki riwayat penyakit lambung. Untuk menghindari keluhan yang tidak diinginkan, maka lebih baik apabila kamu mengkonsumsi makanan kecil dahulu.
Ingin mengetahui manfaat apa saja yang didapat dari mengkonsumsi teh hijau di pagi hari? Seperti dikutip dari Matey Lifestyle, berikut rangkumnya untuk kamu.

1. Menghilangkan perasaan ceman dan stres

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari untuk Menguatkan Imun Tubuh (1)
Ilustrasi teh hijau Foto: Shutter Stock
Teh hijau mengandung polifenol yang membantu otak mendapatkan kandungan glukosa yang stabil. Selain itu, minuman ini juga mengandung theanine yang berfungsi untuk menghilangkan depresi. Hal ini akan membantu orang yang meminumnya dapat pelan-pelan menghilangkan perasaan cemas dan stresnya.

2. Membantu mencegah kerusakan gigi

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari untuk Menguatkan Imun Tubuh (2)
Ilustrasi gigi sehat dan senyum menarik Foto: Shutterstock
Daun teh hijau tepatnya camila sintesis, memiliki khasiat untuk mencegah kerusakan gigi. Apabila kamu merasa terlalu banyak memakan makanan manis, lebih baik untuk mengkonsumsi teh hijau agar terhindar dari kerusakan gigi, mencegah pembentukan plak, dan menghambat bakteri yang menyebabkan gigi menjadi bolong. Selain itu, teh hijau juga bisa memiliki manfaat untuk kesegaran mulut.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari untuk Menguatkan Imun Tubuh (3)
Ilustrasi tekanan darah Foto: dok.shutterstock
Tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai macam resiko penyakit seperti jantung atau bahkan stroke. Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau di pagi hari, maka tekanan darah yang kamu miliki akan perlahan menurun. Seiring menurunnya tekanan darah, maka kamu perlu juga memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat untuk hasil yang semakin maksimal.

4. Menjadi obat untuk pengidap asma

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari untuk Menguatkan Imun Tubuh (4)
Ilustrasi teh hijau. Foto: Shutter Stock
Kandungan kafein dan teofilin yang ada pada teh hijau akan membantu menurunkan kemungkinan serangan asma. Selain itu, kandungan teofilin juga terkadang dijadikan sebagai pil untuk menyembuhkan asma. Bagi kamu yang mungkin memiliki penyakit asma, akan sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi teh hijau ini.

5. Teh hijau memperkuat sistem imun tubuh

Manfaat Minum Teh Hijau di Pagi Hari untuk Menguatkan Imun Tubuh (5)
Ilustrasi olahraga lari di sore hari Foto: Shutterstock
Di masa pandemi ini, imun tubuh tentu harus kuat agar terhindar dari segala penyakit yang diakibatkan oleh virus, cuaca, ataupun bakteri. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan teh hijau. Banyaknya antioksidan yang dimiliki oleh minuman ini dipercaya akan membantu kamu memperkuat imunitas tubuh.
Editor : Parna
Sumber : kumparan