Ilustrasi Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 3,6 terjadi di wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Foto: (iStock)

Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 3,6 terjadi di wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat. Gempa tidak menimbulkan potensi tsunami.

BMKG mencatat gempa itu terjadi pada (Kamis 28/1/2021) pukul 02.43 Wita. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,98 lintang selatan dan 119,02 bujur timur.

Gempa bumi ini berpusat di darat pada jarak 13 km arah Timur Laut Majene, Sulawesi Barat dengan kedalaman 13 km. Hasil analisis BMKG, gempa itu termasuk gempa dangkal yang diakibatkan dari aktivitas sesar lokal yang bergerak naik.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ),” kata Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan, dalam keterangan tertulisnya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Majene dan Mamuju dengan skala MMI II (Getaran dirasakan oleh beberapa orang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Editor : Aron
Sumber : detik