Pendiri Microsoft, Bill Gates mengaku terkejut setelah melihat banyak teori konspirasi soal dirinya di media sosial terkait pandemi COVID-19. Dia mengatakan teori konspirasi yang membawa namanya merupakan sesuatu yang gila dan jahat.

“Tak seorang pun akan meramalkan bahwa saya dan Dr. Fauci akan menjadi begitu menonjol dalam teori-teori yang benar-benar gila dan jahat ini. Saya sangat terkejut dengan itu. Saya harap itu hilang,” kata Gates, dikutip dari Reuters, Kamis (28/1/2021).

Sejak pandemi dimulai setahun yang lalu, jutaan teori konspirasi telah menyebar di Internet, memicu informasi yang salah tentang COVID-19, asal-usulnya, dan motif yang bekerja untuk melawannya.

Orang-orang di media sosial menyeret nama Bill Gates dan ahli penyakit menular AS Anthony Fauci. Teori konspirasi yang tersebar itu menyebut pandemi diciptakan oleh Gates dan Fauci untuk mengambil keuntungan dari penyebaran virus.

Selain itu, teori itu juga menyeret soal vaksin COVID-19 yang dianggap memasukkan microchip yang dapat dilacak ke manusia. “Tapi apakah orang benar-benar percaya hal itu ?” tanya Gates.

“Kami benar-benar harus mendapatkan edukasi tentang hal ini selama tahun depan dan memahami. Bagaimana hal itu mengubah perilaku masyarakat dan bagaimana seharusnya kami meminimalkannya?” tambah Gates.

Dalam menanggapi pandemi, Bill Gates melalui badan amalnya Bill dan Melinda Gates Foundation telah berkomitmen menggelontorkan US$ 1,75 miliar untuk membantu penanganan pandemi COVID-19. Nantinya uang itu digunakan untuk mendukung pembuat vaksin, diagnostik, dan perawatan potensial.

Editor : Aron
Sumber : detik