Foto: iStock

Salah satu manfaat minum kopi adalah menurunkan berat badan. Menurut ahli gizi, ada alasan kenapa kopi bisa menurunkan berat badan. Apa saja?

Kopi adalah minuman yang rasanya pahit dan beraroma kuat. Walaupun begitu, kopi tetap jadi minuman yang banyak digemari.

Kopi juga memiliki beragam manfaat sehat untuk tubuh. Salah satunya bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

“Kopi, ketika dikonsumsi dengan tepat tanpa menggunakan banyak pemanis buatan, bisa membantu menurunkan berat badan serta memberi manfaat sehat lainnya,” ucap Ashley Shaw seorang ahli gizi di Preg Appetit, seperti dilansir dari Insider (26/1).

Kopi disebut efektif menurunkan berat badan karena memiliki kandungan nutrisi yang baik. Seperti niacin, potasium, magnesium, zat antioksidan, serta kafein.rat badan:

1. Rendah Kalori

 

Minum Kopi Hitam Bagus untuk Sarapan? Ini 5 FaktanyaAlasan kopi bisa turunkan berat badan Foto: iStock

Kopi adalah salah satu minuman rendah kalori. Oleh karenanya, bisa dikonsumsi untuk diet. Tapi, jenis kopi yang dikonsumsi harus diperhatikan.

Kamu bisa mengonsumsi kopi hitam. Karena dalam satu cangkir kopi hitam (237 gram) terdapat kurang dari 5 kalori. Kopi hitam bisa tinggi kalori, kalau kamu mengonsumsinya dengan tambahan gula atau susu.

“Kopi hitam mengandung kalori yang rendah, tapi itu bisa berubah menjadi kalori yang tinggi kalau mencampurkan gula dan aneka susu ke dalamnya,” ujar Shaw.

2. Bisa Tingkatkan Metabolisme

Kopi hitamKopi hitam Foto: iStock

Metabolisme tubuh juga harus seimbang kalau ingin berat badan turun dengan cepat. Kamu bisa mengonsumsi kopi yang mengandung kafein. Diketahui kafein adalah zat antioksidan yang berperan baik dalam menjaga metabolisme.

Sebuah penelitian kecil di tahun 2018 menunjukkan, kalau metabolisme tubuh yang terjaga bisa membantu kita dengan cepat dalam membakar kalori saat sedang beraktivitas. Tentu saja hal itu dapat membantu kita menurunkan berat badan.

3. Bisa Hilangkan Rasa Lapar

Kopi hitamKopi hitam Foto: iStock

Nafsu makan seseorang bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk jenis makanan yang biasa dikonsumsi. Salah satunya dengan minum kopi, karena kandungan kafein di dalamnya memiliki fungsi sebagai penahan rasa lapar.

Pada sebuah penelitian menunjukkan kalau kafein pada kopi bisa mengurangi nafsu makanan. Pada penelitian tersebut terungkap kalau kafein dapat mengurangi kadar ghrelin yang merupakan hormon rasa lapar.

“Kafein juga merangsang hormon kenyang peptida YY (PYY). Lebih banyak hormon itu, kamu akan merasa kenyang dan tidak terlalu lapar,” jelas Shaw.

Lalu, bagaimana cara minum kopi yang benar agar bobot tubuh turun dengan cepat? Shaw merekomendasikan tidak minum lebih dari 4 cangkir per hari. Karena 4 cangkir itu mengandung setidaknya 400 mg kafein yang dianjurkan.

Kopi yang kamu minum juga harus rendah kalori. Kamu bisa mengonsumsi kopi hitam saja. Tapi, kalau kamu tidak bisa mengonsumsi kopi hitam, bisa pilih pemanis alami seperti stevia dan sirup yacon.

Editor : Aron
Sumber : detik