Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono (tengah) didampingi Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono (kiri) dan Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (ANTARA/ HO-Polri)

Polri memastikan korban predator seks seperti yang diungkap akun Instagram aliskamugemash akan dilindungi identitasnya. Polri kembali mengimbau korban melapor.

“Jadi ketika mereka sebagai korban, laporkan saja. Kalau memang agar identitasnya tidak tersebar dan segala macam, Polri akan menjaga itu, Polri pasti akan menjaga itu,” tegas Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono saat dihubungi detikcom, Jumat (22/1/2021).

Rusdi mengatakan ada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), selain Polri yang akan melindungi korban . “Dijamin, kalau mereka korban tidak ingin diketahui, dipublikasikan, pasti penyidik akan menjamin itu semua. Polri akan menjamin itu semua. Sekarang ada lembaga perlindungan saksi dan korban,” lanjutnya.

Rusdi juga meminta korban predator seks aliskamugemash tak takut dan khawatir akan dijadikan tersangka dan terjerat undang-undang pornografi jika melapor. Rusdi mengatakan penyidik akan mempelajari berkas laporan perkara dengan cermat.

“Ini kan semua akan dikaji semua. Ketika posisi dia korban, tetap akan diposisikan korban. Nggak usah khawatir ada pihak-pihak yang merasa dirugikan, silakan melapor, nggak perlu khawatir, Polri akan cermat mempelajari itu semua. Ketika memang dia sebagai korban akan diposisikan sebagai korban,” terang dia.

Sebelumnya, cerita tentang seorang pria yang disebut sebagai predator seks lewat aplikasi kencan ramai dibahas di media sosial. Cerita tersebut diramaikan oleh akun Instagram aliskamugemash.

Admin aliskamugemash memajang foto pria berkacamata dengan pose tersenyum. Pria itulah yang disebutnya sebagai predator seks.

Dalam profil aliskamugemash, yang dilihat detikcom pada Selasa (19/1), si admin menuliskan kata ‘HENTIKAN PREDATOR INI! Jangan bungkam! Jangan takut! Keluarkan bukti keganasannya agar tidak banyak wanita yang menjadi korban lagi. FACTS ONLY.’ dalam profilnya.

Pria itu disebut berkenalan dengan banyak perempuan lewat aplikasi kencan, membuat berbagai cerita palsu soal dirinya, hingga berhubungan seksual dengan para perempuan itu. Pria itu juga disebut memperkenalkan dirinya dengan nama yang berbeda-beda.

Posting-an aliskamugemash mengenai sepak terjang pria yang disebut predator seks itu ramai direspons oleh netizen. Tak sedikit netizen yang mengaku pernah melihat si pria di aplikasi kencan, berkenalan di aplikasi kencan sampai menjadi korban pelecehan seksualnya.

Akun aliskamugemash saat ini diikuti 28 ribu pengguna Instagram. Admin akun Instagram ini mengumpulkan cerita-cerita dari korban ‘Mas Tersayang’, panggilan untuk si predator seks.

Editor : Aron
Sumber : detik