Tinggal di negara tropis, kamu pasti familiar dengan buah pisang. Buah kuning ini adalah salah satu yang mudah ditemui di Indonesia. Selain tumbuh subur di Nusantara, buah ini juga enak dinikmati sebagai camilan atau campuran berbagai hidangan.
Sama dengan buah-buahan lain, orang-orang mengonsumsi pisang tidak hanya karena rasanya yang nikmat, tetapi juga mencari manfaat kesehatan.
Namun, sebelum kamu terburu-buru ke supermarket untuk membeli pisang, ada baiknya mengetuhi apa saja sih manfaatnya? Dari membantu sistem pencernaan tetap sehat hingga meningkatkan stamina, inilah 5 manfaat dari pisang!
1. Meningkatkan stamina saat berolahraga
Buat Pencernaan dan Stamina, Ini 5 Manfaat Pisang yang Perlu Kamu Tahu! (1)
Ilustrasi olahraga. Foto: Shutterstock
Buah ini mengandung kalium, karbohidrat, serat, dan vitamin B-6 alami —semua manfaatnya bekerja sama memberi banyak energi ke tubuh.
Ketimbang mengonsumsi minuman berenergi yang mengandung gula dan bahan buatan lainnya, isi semangat serta energi kamu dengan buah pisang dan air mineral. Dengan ini, olahraga yang kamu lakukan tidak akan sia-sia, seperti saat mengonsumsi makanan atau minuman tidak sehat.
Buat Pencernaan dan Stamina, Ini 5 Manfaat Pisang yang Perlu Kamu Tahu! (2)
Ilustrasi Pisang Foto: Steve Hopson/ WikimediaCommons
Mangan adalah salah satu dari banyaknya mineral yang sangat penting menjaga kesehatan tubuh, dan dapat kamu temukan di pisang.
Mangan dapat membantu metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh manusia —mencegah berbagai penyakit yang tidak kamu inginkan. Selain itu, mineral ini juga berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka.
3. Meredakan nyeri lambung dan hati
Buat Pencernaan dan Stamina, Ini 5 Manfaat Pisang yang Perlu Kamu Tahu! (3)
Ilustrasi asam lambung Foto: Shutter Stock
Sudah menjadi pengetahuan umum, si kuning manis ini merupakan salah satu antasida (penetral kadar asam di lambung) alami yang terdapat di buah.
Selain itu, pisang juga mengandung antioksidan flavonoid bernama leucocyanidin, yang membantu meningkatkan membran mukus dalam lambung —berfungsi mencegah terjadinya sakit di lambung
4. Bermanfaat untuk sistem pencernaan
Buat Pencernaan dan Stamina, Ini 5 Manfaat Pisang yang Perlu Kamu Tahu! (4)
Usus besar dan saluran pencernaan manusia. Foto: Elionas2 via pixabay
Tekstur pisang yang lembut membuat makanan ini dapat dengan mudah melewati saluran cerna —bahkan buah ini merupakan sudah dapat dikonsumsi anak-anak dalam bentuk bubur. Maka dari itu, pisang menjadi pilihan yang tepat untuk masalah perut kamu, seperti saat flu perut atau keracunan makanan.
Kandungan kaliumnya juga dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang saat sakit. Tak hanya itu, kandungan serat dalam buah ini juga membantu menambah kepadatan feses dan meredakan diare.
5. Mengandung serat
Buat Pencernaan dan Stamina, Ini 5 Manfaat Pisang yang Perlu Kamu Tahu! (5)
Ilustrasi smoothie kulit pisang Foto: Shutterstock
Pisang bisa jadi buah pilihan kamu untuk menambah serat. Kebutuhan akan serat pada pria di bawah usia 50 tahun adalah sekitar 38 gram per hari, dan 25 gram per hari untuk perempuan. Pisang dapat mengandung 2,6 gram serat per 100 gram —bisa melengkapi kebutuhan serat yang dianjurkan setiap harinya.
Editor : Aron
Sumber : kumparan