Foto: Getty Images/skynesher

Pola makan tidak sehat ini dapat berefek buruk untuk kesehatan. Hindari pola makan ini agar umur makin panjang.

Pola makan merupakan faktor utama yang mempengaruhi kesehatan tubuh. Pola makan yang sehat akan menjaga tubuh tetap fit. Sebaliknya, pola makan yang buruk akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh juga.

Untuk menjaga pola makan yang sehat salah satu caranya adalah selalu memerhatikan asupan nutrisi dan kandungan pada makanan yang dikonsumsi. Misalnya, mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan tinggi gula, tinggi kalori atau beberapa kandungan yang mungkin berdampak bagi kesehatan.

Penting juga untuk mengetahui makanan yang cocok dan tidak cocok untuk kesehatan kamu. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang merupakan hal penting yang harus selalu dilakukan.

Bahkan, menurut para ahli, pola makan yang tidak sehat ternyata bisa berdampak pada memperpendek kehidupan manusia.

Mengutip dari Eat This, Not That! (16/1), berikut ini 5 pola makan tidak sehat yang harus dihindari biar umur makin panjang:

1. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

 

5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang Foto: Getty Images/skynesher

Menurut American Heart Association, rata-rata orang dewasa hanya boleh mengonsumsi 25 gram gula untuk wanita dan 37,5 gram gula untuk pria. Batas aman ini sama dengan sekitar 6 hingga 9 sendok teh gula pasir.

Tetapi, rata-rata orang dewasa bisa mengonsumsi gula sekitar 22,2 sendok teh per hari. Menurut JAMA Internal Medicine, peningkatan jumlah gula pada pola makan akan menaikan risiko meninggal akibat penyakit kardiovaskular.

Selalu perhatikan label nutrisi pada kemasan makanan yang kamu beli di toko. Cara lebih aman lainnya yaitu dengan membeli produk segarnya dan olah sendiri makananmu di rumah.

2. Terlalu Banyak Protein

Menurut Harvard Health, konsumsi makanan tinggi protein yang berlebih dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Lemak jenuh yang juga ditemukan dalam daging merah dikatakan juga bisa menimbulkan penyakit jantung serta risiko kanker usus yang tinggi.

Pola makan dengan sumber protein memang sangat dianjurkan untuk membangun massa otot, tetapi protein yang dikonsumsi harus dalam bentuk protein nabati atau protein tanpa lemak.

Diet tinggi protein yang salah justru akan menyebabkan kenaikan berat badan dan menjadi sumber kalori berlebih yang masuk ke dalam tubuh. Asupan Referensi Diet mengatakan bahwa batas aman konsumsi protein untuk pria sebesar 56 gram dan 46 gram untuk wanita.

3. Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Tinggi Gula

5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang Foto: Getty Images/skynesher

Pola makan tidak sehat yang harus dihindari selanjutnya adalah soal konsumsi minuman manis. Minuman dengan campuran gula yang terlalu banyak juga akan menimbulkan gangguan pada kesehatan.

Bahkan smoothies sehat sekalipun mencakup kandungan gula yang melewati batas aman yang disarankan. Minuman tinggi gula seperti ini akan mudah ditemukan pada minuman kemasan serta minuman ringan berperisa lainnya.

Minuman tinggi gula memiliki efek yang bahkan dapat menyerang peredaran darah dan masalah jantung. Misalnya gagal jantung, stroke, kolesterol tinggi, serta penyakit kardiovaskular lainnya.

4. Kurang Asupan Karbohidrat

Beberapa orang justru menyingkirkan karbohidrat dengan alasan untuk menurunkan dan menjaga berat badan. Ternyata, karbohidrat justru menjadi rahasia panjang umur.

Karbohidrat utuh mengandung nutrisi yang paling penting untuk tubuh. Bahkan, ternyata jika kamu konsumsi karbohidrat utuh yang tinggi serat secara rutin, dapat membantu menurunkan berat badan.

Konsumsi karbohidrat dalam jumlah yang tepat akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. DIet dengan karbohidrat kompleks, protein tanpa lemak serta mengurangi makanan tinggi kalori terbukti memiliki efek sehat untuk tubuh dan dapat memperpanjang usia harapan hidup.

5. Terlalu Banyak Minuman Alkohol

5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang5 Pola Makan Tidak Sehat yang Harus Dihindari, Biar Umur Makin Panjang Foto: Getty Images/skynesher

Pola makan tidak sehat yang harus dihindari ini mengenai konsumsi minuman alkohol.Segelas wine mungkin bukan masalah bagi sebagian orang. Bahkan, diet Mediterania justru menyarankan untuk konsumsi anggur beralkohol ini.

Pada diet Mediterania, alkohol dikatakan memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh dalam jumlah tertentu. Ketika kamu mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan rutin ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Alkohol memiliki efek samping yang dapat memicu masalah pada hati dan peningkatan risiko kanker. Konsumsi alkohol secara rutin dalam jumlah yang banyak juga akan mengancam kesehatan ginjal.

Editor : Aron
Sumber : detik