Ilustrasi. Alpukat merupakan buah yang berubah warna dan busuk. (skeeze/Pixabay)

Buah alpukat tak hanya cocok diminum sebagai jus tapi juga menu makanan yang nikmat dan sehat. Sebagai sumber lemak sehat, alpukat baik dikonsumsi setiap hari.

Hanya saja, alpukat termasuk buah yang cukup ‘ringkih’ alias cepat berubah warna dan busuk. Padahal, sulit menghabiskan satu butir alpukat dalam sekali makan apalagi jika ukurannya besar.

Apa yang harus dilakukan agar alpukat tetap segar hingga esok?

Berikut 5 cara menyimpan alpukat agar tetap segar.

1. Tambahkan kandungan asam

Sebagaimana dilansir Livestrong, ahli gizi sekaligus penulis Bonnie Taub-Dix menyarankan untuk menambahkan bahan dengan kandungan asam pada permukaan alpukat agar membuatnya tetap segar. Kandungan asam diyakini akan menghambat alpukat berubah warna menjadi coklat.

Perubahan warna pada alpukat disebabkan oleh proses oksidasi. Saat Anda memotong alpukat jadi dua bagian, bagian daging buah akan terpapar udara luar dan proses oksidasi terjadi.

Untuk mencegah perubahan warna, teteskan bahan seperti perasan lemon, perasan jeruk nipis atau cuka untuk menciptakan lapisan antara daging buah dan udara luar.

Taub-Dix pun menyarankan untuk menambahkan perasan jeruk nipis agar guacamole tetap berwarna hijau cantik.

2. Pertahankan bijinya

Saat setengah buah alpukat ingin disimpan, sebaiknya biarkan biji alpukat tetap pada tempatnya. Taub-Dix berkata biji ini akan membantu menjaga kesegaran daging buah. Untuk memaksimalkan hasil, tambahkan bahan dengan kandungan asam seperti air perasan lemon.

3. Rendam dalam air

Tidak ada lemon atau jeruk nipis? Anda masih punya cara lain. California Avocado Commision menyarankan untuk menyimpan alpukat dengan merendamnya di air bersih.

Seperti bahan dengan kandungan asam, air juga berperan sebagai penghalang alpukat dari proses oksidasi.

Tak perlu khawatir, alpukat tidak akan jadi lembek karena daging buah tidak menyerap air. Anda masih bisa menikmati alpukat plus roti panggang seperti biasa.

4. Simpan di kulkas

Jika alpukat tidak ingin langsung dikonsumsi, cukup simpan alpukat matang di dalam kulkas. Alpukat bisa tetap segar selama 3-5 hari tergatung tingkat kematangan.

Namun, jika kondisinya sudah terpotong, Anda musti tetap menambahkan tetesan lemon atau jeruk nipis, bungkus atau simpan dalam kotak bertutup baru masukkan kulkas.

5. Posisi menghadap ke bawah

Demi melindungi alpukat dari perubahan warna, letakkan sisi yang dipotong di bagian bawah. Ini membantu mencegah daging buah terpapar udara bebas. Namun untuk memberikan perlindungan ekstra, bungkus alpukat dengan plastik segel.

Alpukat yang sudah berubah warna, sebenarnya masih bisa Anda ‘tolong’ dengan mengiris lapisan yang berwarna coklat. Daging hijau segar masih aman dan rasa tidak berubah.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia