Mobil kepresidenan Amerika Serikat yang dikenal dengan nama The Beast menggunakan pelat nomor baru saat mengantar Joe Biden ke pelantikan pada Rabu (20/1). Mobil warisan Donald Trump itu sekarang memakai pelat nomor bertuliskan ’46’ sebagai simbol Biden sebagai Presiden AS ke-46.

Momen agen Secret Service mengganti pelat nomor The Beast sempat terekam kamera. Sebelumnya limosin Cadillac berbasis truk yang antipeluru ini menggunakan pelat nomor ‘800 – 002’ saat digunakan petahana Donald Trump.

President Joe Biden's limousine rolls on 15th Street towards the White House during a Presidential Escort to the White House, Wednesday, Jan. 20, 2021 in Washington. (AP Photo/Jose Luis Magana, Pool)The Beast yang ditumpangi Joe Biden menuju White House untuk pelantikan sebagai Presiden AS ke-46, Rabu (20/1). (AP/Jose Luis Magana)

The Beast yang digunakan Biden diduga bukan mobil baru, unit ini diperkirakan warisan Trump yang sudah memakainya sejak 2018. Walau begitu, menurut Fox News, Secret Service tidak merespons pertanyaan terkait apakah unit yang digunakan Biden sama seperti digunakan Trump atau mobil baru.

General Motors diketahui telah mengirim Cadillac baru ke Secret Service pada 2018 semasa pemerintahan Trump. Mobil ini sama seperti generasi mobil kepresiden sebelumnya namun dimengerti telah banyak mendapat pembaruan seperti perlindungan senjata kimia dan bom.

Car And Driver menjelaskan Secret Service tidak pernah mengungkap detail spesifikasi The Beast, walau begitu dipahami basisnya adalah truk GMC TopKick namun bodinya dirancang seperti sedan Cadillac CT6 atau XTS yang sudah diperpanjang.

Eksterior sedan bisa jadi mengecoh dimensinya, padahal sebenarnya ukuran The Beast lebih besar dari SUV atau truk.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia