Musim yang sulit diprediksi saat ini bukan berarti kita menyerah untuk bisa merawat cat kendaraan. Karena sebenarnya perawatan cat kendaraan sangatlah mudah, bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Seperti yang disampaikan Jemmy Sanjaya dari Mekanika Motor bengkel Body Repair dan Oven Repair yang berada di jalan Kapten Tendean kepada detikOto. Jemmy menjelaskan merawat cat mobil sebenarnya sangatlah mudah, meski musim sulit diprediksi yang terkadang hujan lebat dan tiba-tiba dalam hitungan sangat singkat cuaca langsung panas.

“Sebenarnya cara merawat cat mobil tidak terlalu sulit,” kata Jemmy.

Jemmy menjelaskan ada beberapa langkah pasti yang bisa dilakukan agar cat kendaraan tetap kinclong.

Perawatan cat mobilPerawatan cat mobil di Mekanika Motor Foto: dok. IG MekanikaMotor

“Pertama, mobil disimpan dalam garasi atau pastikan tidak terkena hujan dan debu. Kedua kalau misalnya di jalan terkena hujan, begitu sampai rumah langsung dielap (basuh dengan kain kering atau kanebo) sampai kering, karena kalau didiamkan akan menimbulkan jamur di dalam garasi, kalau tidak di dalam garasi akan lebih cepat kusam,” ucap Jemmy.

“Kedua, untuk bisa merawat cat pengendara bisa melakukan waxing atau polish, tapi jangan terlalu sering karena hal tersebut bisa mengikis cat, jadi disarankan maksimum 1 bulan 2 kali. Ketiga, pengendara bisa melakukan coating anti gores itu juga bisa merawat cat. Keempat, kalau waxing disarankan menggunakan tangan agar tidak terlalu memakan cat terlalu banyak, meski emnggunakan mesin juga boleh sih dan pastikan kalau wax itu percayakan kepada yang ahli,” Jemmy menjelaskan.

Editor : Aron
Sumber : detik