Beberapa negara di dunia saat ini mulai melakukan vaksinasi sebagai upaya menekan penyebaran virus corona. Dengan kemunculan vaksin tentu dapat membangkitkan gairah industri pariwisata dunia.
Untuk itu, maskapai penerbangan nasional Singapura, Singapore Airlines mengaku siap menjadi maskapai pertama di dunia yang semua awaknya divaksinasi COVID-19.
Dilansir CNN, maskapai tersebut juga telah mengkonfirmasi bahwa mulai dari pilot, kru di bandara, pramugari, dan siapa pun yang pekerjaannya memerlukan kontak dengan publik, telah ditawari vaksin virus corona gratis oleh Pemerintah Singapura. Negara tersebut telah membeli vaksin Pfizer, yang membutuhkan dua kali suntikan.
“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Singapura karena menjadikan sektor penerbangan sebagai prioritas dalam latihan vaksinasi negara,” ungkap CEO Singapore Airlines, Goh Choon Phong, dalam sebuah pernyataan resmi.
“Ini mencerminkan pentingnya sektor penerbangan dan peran penting yang kami mainkan dalam pemulihan ekonomi Singapura dan perang melawan pandemi,” lanjutnya.
Sementara itu, sebanyak 5.200 karyawan SIA telah mendaftar untuk vaksinasi. Penyuntikan akan dimulai dalam beberapa hari mendatang. Phong, bersama Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung menjadi bagian bersama beberapa warga Singapura yang pertama kali divaksinasi COVID-19.
Phong mengungkapkan bahwa suntikan pertama dari 2 kali suntikan yang dilakukan prosedurnya tidak menyulitkan dan menyakitkan. Ia menyebut setelah divaksinasi, awak kabin akan sedikit terbebas dari ketatnya protokol kesehatan COVID-19.
Misalnya, awak pesawat yang saat ini menjalani tes pada hari ketujuh setelah kembali ke Singapura akan dibebaskan dari tes ini selanjutnya.
Editor : Parna
Sumber : kumparan