Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan rumah-rumah warga yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6,2 di Sulawesi Barat (Sulbar) akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat. Bantuan perbaikan rumah tersebut terbagi menjadi 3 kategori.

“Untuk yang rusak berat Rp 50 juta, untuk rusak sedang Rp 25 juta, dan untuk yang rusak ringan yang hanya retak-retak Rp 10 juta,” kata Jokowi saat meninjau pusat pengungsian di Stadion Manakarra, Kelurahan Rimuku, Mamuju Kota, Sulbar, Selasa (19/1/2021).

Tidak hanya rumah-rumah korban gempa, gedung-gedung pemerintahan yang ambruk juga akan segera diaudit dan diperbaiki.

“Dan tadi saya sudah sampaikan kepada Gubernur untuk gedung pemerintah setelah diaudit nanti segera dibangun kembali,” kata Jokowi.

“Kemudian proses pelayanan di pemerintahan juga akan kembali normal,” katanya lagi.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi tiba hari ini di Mamuju dan langsung meninju kantor Gubernur Sulbar yang ambruk karena gempa. Selanjutnya Jokowi juga meninjau pusat pengungsian di Stadion Manakarra, Kelurahan Rimuku, Mamuju Kota.

Jokowi meninjau kedua titik tersebut dengan didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Kepala BNPB Doni Monardo, hingga Kepala BMKG Dwikorita Karnawati.

 

Editor : Parna

Sumber : detiknews