Pria asal Inggris bernama James Howells mengaku tidak sengaja membuang hardisk atau HDD yang berisi 7.500 bitcoin atau senilai 280 juta dolar AS (sekitar Rp 3,9 triliun) ke tempat sampah. Meski kejadian itu terjadi pada 2013 lalu, hingga saat ini ia masih mencarinya.
Menurut laporan CNBC, Howells telah keliru membuang HDD yang dianggapnya tidak terpakai saat membersihkan rumahnya pada 2013 silam. Ia menceritakan, saat ini memiliki dua HDD laptop yang kembar dan salah satunya berisi kunci untuk mengakses 7.500 bitcoin miliknya.
Malang nasibnya, HDD yang berisi bitcoin tersebut tak sengaja ia buang ke tempat sampah. Setelah bertahun-tahun, Howells masih yakin dia bisa memulihkan bitcoin di dalam HDD tersebut meskipun kemungkinan rusak dan berkarat.
“Ada kemungkinan besar piring di dalam drive masih utuh,” katanya kepada CNBC.
“Pakar pemulihan data kemudian dapat membuat ulang drive atau membaca data langsung dari platter.”
Howells mengatakan, dia memiliki 7.500 bitcoin dengan harga saat ini bisa bernilai lebih dari 280 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,9 triliun. Dia awalnya menambang mata uang virtual itu selama empat tahun ketika nilainya kecil.
Pria Ini Tak Sengaja Buang HDD Berisi Bitcoin Senilai Rp 3,9 T di Tempat Sampah (1)
Ilustrasi Bitcoin. Foto: Dewi Rachmat K/kumparan
Tetapi ketika nilai cryptocurrency melonjak dan Howells mencarinya, dan menemukan bahwa dia telah secara keliru membuang hard drive ke tempat sampah. Satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali akses ke sana adalah mencari ke tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di mana ia membuang HDD tersebut delapan tahun lalu.

Howells tak bisa cari HDD bitcoin yang dibuang

Usaha Howells untuk menemukan HDD yang berisi ribuan bitcoin tersebut tak mudah. Dia membutuhkan izin dari Dewan Kota Newport, Wales untuk mencari di tempat pembuangan sampah yang dia yakini berisi HDD yang hilang. Lokasi itu tidak terbuka untuk umum dan menerobosnya merupakan pelanggaran akan dianggap sebagai tindak pidana.
Howells telah menawarkan untuk menyumbangkan 25 persen dari total bitcoin miliknya yang bernilai sekitar 70,8 juta dolar AS untuk membantu penanggulangan pandemi COVID-19 untuk kota Newport, jika dia berhasil menggali hard drive.
Pria Ini Tak Sengaja Buang HDD Berisi Bitcoin Senilai Rp 3,9 T di Tempat Sampah (2)
Bitcoin Foto: Reuters/Mark Blinch
Namun Dewan Kota Newport sejauh ini menolak permintaannya untuk memeriksa tempat pembuangan akhir sampah itu, dengan alasan masalah lingkungan dan keuangan. Sepertinya dalam waktu dekat tidak akan berubah pikiran.
“Sejauh yang saya tahu mereka telah menolak tawaran itu,” kata Howells.
Seorang juru bicara Dewan Kota Newport mengatakan kepada CNBC bahwa pihaknya telah dihubungi beberapa kali sejak 2013 oleh Howells tentang kemungkinan mengambil bagian perangkat keras HDD yang dikatakan berisi bitcoin.
Namun, pencarian perangkat tersebut akan memiliki dampak lingkungan yang besar di daerah sekitarnya dan memerlukan biaya yang besar. Terlebih, belum ada jaminan HDD bisa ditemukan dan dapat dipulihkan.
“Biaya penggalian TPA, penyimpanan, dan pengolahan limbah bisa mencapai jutaan poundsterling, tanpa jaminan apa pun untuk menemukannya atau masih berfungsi dengan baik.”
Editor : Parna
Sumber : kumparan