Bahaya minum kopi bisa dirasakan para wanita. Hal ini lantaran asupan kopi bisa mempengaruhi kondisi hormon wanita.

Disamping manfaat sehatnya, bahaya minum kopi juga perlu diwaspadai. Ada beberapa hal yang bisa membuat asupan minuman berkafein ini malah merugikan kesehatan.

Salah satunya karena meminum terlalu banyak kopi setiap hari. Jumlah yang disarankan adalah tak lebih dari 4 cangkir kopi setiap hari.

Lalu hindari juga minum kopi dengan tambahan banyak gula. Alih-alih bikin tubuh berenergi, kebiasaan ini dalam jangka panjang membuat kamu berisiko alami kematian dini.

Baca Juga: Bahaya Minum Kopi, Bikin Umur Pendek Jika Dikonsumsi dengan Cara Ini

Bahaya minum kopi juga bisa dirasakan wanita. Hal ini diulas pakar kesehatan Wendie Trubow, seperti dikutip dari Mind Body Green (18/3/20).

Alasan utamanya adalah karena wanita memiliki kecenderungan memetabolisme kafein lebih lambat dibanding pria. Hal ini juga berlaku ketika wanita minum minuman alkohol.

Minum Kopi Bikin GemukFoto: iStock

Untuk diketahui, tubuh wanita memang dirancang bisa menghemat sebanyak mungkin energi dari apapun yang dikonsumsi. Cairan juga akan tertahan lebih lama dan proses metabolisme bahan kimia jauh lebih lambat pada tubuh wanita.

Dalam hal kaitannya dengan minum kopi, saat wanita mengonsumsinya dalam kondisi perut kosong atau bahkan ketika mereka minum terlalu banyak kopi, efek negatif usai meminumnya akan lebih terasa. Misalnya perasaan berdebar, gelisah, atau sulit tidur di malam hari.

Bahaya minum kopi untuk wanita juga menyangkut masalah hormonal. Hal ini terjadi saat wanita mengonsumsi kopi dengan tambahan gula, krim, atau pemanis lainnya.

Penambahan gula akan menimbulkan kondisi lonjakan gula darah. Selain itu, kafein sendiri bisa membuat tubuh wanita memproduksi kortisol lebih banyak.

Hormon kortisol sebenarnya baik untuk kesehatan karena bisa mengatur tekanan darah dan kadar gula darah, namun jumlah kortisol yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kemampuan tubuh wanita dalam mengatur inflamasi.

7 Kesalahan Minum Kopi yang Bikin Gemuk dan Berat Badan Susah TurunFoto: iStock

Di malam hari, besar kemungkinan wanita akan sulit tidur karena kafein bisa bertahan di dalam tubuh selama 24 jam. Hal ini berarti asupan kopi di pagi hari masih bisa terasa efeknya di malam hari.

Kualitas tidur yang buruk memiliki beragam dampak negatif lainnya. Wanita bisa bangun tidur dalam kondisi lesu atau tidak segar.

Lebih parah lagi, kurang tidur berkaitan dengan produksi hormon sehat yang sedikit. Karenanya bagi wanita yang alami PCOS (Polycystic ovary syndrome) atau gangguan hormon pada masa produktif, fibroid, atau endometriosis disarankan untuk mengurangi atau tidak minum kopi sama sekali.

Editor : Aron
Sumber : detik