Begitu banyak traveler yang menanyakan tentang si tukang parkir pesawat. Profesi ini terbilang menantang, jangan salah kira ya.

Mengutip Twitter AP_Airports milik Angkasa Pura I, nama asli dari tukang parkir pesawat adalah marshaller. Ialah komando ketika pesawat akan parkir atau mendekat ke garbarata.

“Pernahkah #SahabatAP1 mendengar istilah marshaller dalam dunia penerbangan? Marshaller merupakan salah satu profesi yang terbilang menantang di dunia penerbangan, lho. Profesi ini memiliki tugas untuk memberikan komando kepada pilot ketika hendak memarkirkan pesawatnya di apron,” kata AP_Airports.

Dikatakan AP_Airports bahwa instruksi seorang marshaller haruslah jelas, tepat dan tanpa kesalahan. Tak boleh ada senggolan antar sayap pesawat.

“Instruksi dari seorang marshaller harus benar-benar jelas, tepat, dan tanpa kesalahan sedikitpun,” imbuh dia.

Marshaller pada dasarnya adalah juru parkir. Tapi dia bukan juru parkir sembarangan, karena yang diparkirkan adalah pesawat.

Profesi juru parkir ini disebut pula sebagai ground marshall. Tugasnya memang seperti juru parkir kendaraan, bedanya yang diparkirkan ini adalah pesawat udara.

Ground marshall memiliki peran penting di sebuah bandara. Fungsi seorang marshaller sendiri bertugas untuk memandu pilot usai mendarat.

Marshaller harus memiliki kecepatan dan ketepatan dalam memberikan arahan. Ini agar operasional bandara bisa berjalan dengan lancar.

Seorang marshaller biasanya mengenakan atribut khas. Di kepalanya terpasang sebuah headphone untuk meredam suara bising pesawat. Kemudian ia juga mengenakan rompi dengan warna yang mencolok. Fungsinya agar mudah terlihat.

Selain itu ia juga memegang dua buah tongkat di tangannya. Tongkat itu yang digunakan sebagai petunjuk pilot untuk mengarahkan pesawat pada tempat yang ditunjukkan oleh marshaller.

Fungsi ground marshall di bandara tentunya tak lepas dari upaya keselamatan di dunia penerbangan serta untuk keteraturan di bandara. Namun tentunya, menjaga keselamatan penerbangan juga menjadi tanggung jawab masyarakat pada umumnya.

Lalu, berapa gaji dari seorang marshaller?

Dihimpun detikTravel dari berbagai sumber, di luar negeri, profesi marshaller bisa meraup gaji dari Rp 500 juta sampai Rp 1 miliar per tahun. Jumlah itu bergantung pada maskapai yang memperkerjakan dan pengalaman yang dimiliki.

Editor : Aron
Sumber : detk