Konsumsi telur telah dipercaya dapat membantu proses penurunan berat badan. Kenali waktu tepat konsumsi telur untuk menurunkan berat badan.

Telur merupakan salah satu makanan yang tinggi akan protein. Kandungan tinggi protein yang dimiliki telur ini-lah yang berandil besar dalam proses penurunan berat badan.

Telur juga cukup mudah dimasak. Proses pembuatan makanan berbahan telur terbilang sederhana. Anda bisa merebusnya, menggorengnya, menyantapnya bersama roti panggang, dan masih banyak lagi.

Asupan protein dapat sangat mengenyangkan dan memberi Anda energi dalam waktu yang lama. Jadi, konsumsi protein lebih awal akan membantu mencegah keinginan mencamil.

Tapi, tak hanya di pagi hari. Ada beberapa waktu tepat lainnya untuk mengkonsumsi telur untuk menurunkan berat badan. Berikut mengutip Times of India.

1. Sarapan

Telur adalah menu sarapan yang sempurna. Hanya membutuhkan waktu 5-10 menit untuk menyiapkan hidangan yang terbuat dari telur.

Sarapan kaya protein dapat membuat Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama dan menjauhkan Anda dari kebiasaan mencamil.

2. Setelah berolahraga

Makanan berprotein tinggi sangat cocok dikonsumsi setelah berolahraga. Makanan jenis ini dapat meningkatkan rasa kenyang, memberikan energi, dan mambantu memperbaiki otot.

Setelah berolahraga, tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi yang baik untuk memperbaiki dirinya dalam fase istirahat. Telur menjadi pilihan terbaik.

3. Di malam hari

Pandangan mengenai makan telur di malam hari terbagi menjadi dua.

Beberapa penelitian menemukan, konsumsi telur di malam hari dapat menyebabkan gangguan tidur, utamanya pada orang dengan GERD. Kandungan lemak pada kuning telur dapat menyebabkan iritasi dan mengganggu tidur.

Namun, beberapa penelitian lain justru menemukan, makan telur di malam hari justru dapat membantu tidur lebih nyenyak. Apalagi kandungan protein yang ada di dalam telur dapat membuat Anda terbebas dari terbangun tengah malam karena lapar.

Sebagaimana diketahui, tidur berkualitas dapat membantu proses penurunan berat badan.

Tips Memasak Telur Sehat untuk Diet

Dengan metode memasak yang tepat, Anda bisa menikmati telur yang enak sekaligus membantu proses penurunan berat badan. Berikut tips memasak telur yang sehat, mengutip laman Sauder Eggs.

1. Direbus

Merebus telur tak membutuhkan lemak tambahan seperti pada minyak. Rebus telur dan campurkan pada menu salad Anda.

Anda bisa merebus telur dengan hasil lunak selama 3-4 menit. Sementara jika Anda menginginkan kuning telur yang lembut, tutup panci dan rebus selama 6 menit. Sedangkan untuk hasil yang lebih keras, tutup panci dan rebus selama 8-12 menit.

2. Poaching

Poaching adalah merebus telur tanpa cangkang. Gunakan air yang baru mendidih dan rebus telur.

Hindari penambahan garam ke dalamnya karena akan memengaruhi rasa lembut pada bagian putihnya. Rebus selama 3-5 menit.

3. Goreng dengan minyak sehat

Meski metode rebus adalah yang paling sehat, Anda tetap bisa menggoreng telur dengan menggunakan minyak yang sehat. Hindari penggunaan mentega dalam menggorengnya. Sebagai pengganti, Anda bisa menggunakan minyak zaitun atau jenis minyak lain dengan kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia