Surat Presiden (surpres) terkait calon Kapolri akan dikirim Istana ke DPR pada siang ini. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni.
“Infonya jam 11.00,” kata Sahroni, ketika dikonfirmasi, Rabu (13/1).
Ketika ditanya siapa yang akan mengantar surpres itu ke DPR, apakah seperti biasa yaitu Menteri Sekretaris Pratikno, Sahroni membenarkan.
“Benar (Mensesneg Pratikno), infonya demikian,” tutur Sahroni singkat.
Hingga kini belum ada pernyataan resmi siapa calon Kapolri pilihan Jokowi. Namun, sumber kumparan di kalangan pemerintahan dan internal Polri menyebut nama eks Ajudan Jokowi Komjen Listyo Sigit Prabowo yang ditunjuk Presiden.
“Betul (Komjen Sigit),” ujar sumber kumparan pagi ini.
Sigit juga sudah menyiapkan strategi dan program untuk pemaparan di DPR. Selain itu juga, Sigit sudah membentuk tim asistensi untuk fit and proper test.
Sejumlah anggota Komisi III DPR juga mengamini informasi itu. Namun, kepastiannya adalah di surpres hari ini yang dikirim ke Senayan.
Jokowi Pilih Listyo Sigit Jadi Calon Kapolri, Surpres Diantar Pratikno ke DPR  (1)
Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (tengah) memberikan keterangan pers di kantor Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (15/12). Foto: Galih Pradipta/ANTARA FOTO
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad sebelumnya menyebut begitu surpres masuk, maka DPR akan langsung memprosesnya sesuai dengan mekanisme yang ada.
Ketua Komisi III DPR Herman Herry menyebut Komisi III telah membahas sejumlah rencana kerja, salah satunya fit and proper test Calon Kapolri.
“Kami berharap kalau bisa dalam minggu ini surat masuk, kemudian dibawa ke Bamus, aturan sudah tidak perlu ke paripurna lagi. Segera dari bamus ada penugasan kepada komisi III, kalau bisa hari kamis kami sudah bisa mengundang RDPU dengan Kompolnas dan PPATK. Itu jadwal kami tadi hasil rapat internal. Kalau bisa senin atau selasa sudah bisa fit and proper test, itu konsep kami,” kata Herman.
Editor : Aron
Sumber : kumparan