Tanaman hias memang identik dengan membuat suasana ruangan menjadi nyaman, segar, cantik, dan asri. Tapi bukan berarti tak ada efek negatifnya.

Beberapa tanaman hias disyaratkan tidak boleh diletakkan di sembarang tempat dan perawatannya pun harus hati-hati. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut memiliki efek beracun jika sampai tertelan makhluk hidup, terutama anak kecil dan hewan peliharaan.

1. ZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

ZZ plant atau tanaman dolar merupakan tanaman hias yang sempat populer beberapa waktu lalu. Bentuknya yang kokoh dan daun yang berderet selembar-selembar layaknya uang.

Karakteristik tanaman hias ini adalah daunnya berwarna hijau pekat, tumbuh sejajar dengan ukuran simetris, berurat, kecil-kecil, mengandung banyak air, serta tampak mengilap. Selain itu, saat di malam hari, ketika sorot lampu menerpa, daun-daun ini seolah menampilkan kilap yang amat indah

Meski indah, sayangnya tanaman dolar ini harus dijauhkan dari jangkauan si kecil dan hewan peliharaan. Jika sampai tertelan, gejala yang dihasilkan berupa sensasi mulut terbakar, bengkak, iritasi, muntah, air liur yang berlebihan dan kesulitan bernapas.

ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)Foto: ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)
ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)

2. Kuping Gajah

Di balik keindahan warna serta bentuk daunnya yang menawan, kuping gajah menyimpan racun yang cukup berbahaya bagi makhluk hidup lho Bund.

Daunnya bisa menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan karena menutup keluar dan masuknya udara.

Jauhkan tanaman hias ini dari jangkauan si kecil ya, Bunda. Karena jika tak sengaja menggosok daun kuping gajah ke tangan, bisa menyebabkan sensasi terbakar pada kulit dan rasa gatal yang luar biasa.

Tanaman Kuping Gajah (Tangkapan Layar via Tokopedia/Tukang Taman Karya Alam)Foto: Tanaman Kuping Gajah (Tangkapan Layar via Tokopedia/Tukang Taman Karya Alam)
Tanaman Kuping Gajah (Tangkapan Layar via Tokopedia/Tukang Taman Karya Alam)

4. Lidah Mertua

Bunda pasti sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias lidah mertua atau sansevieria. Memiliki corak daun dan warnanya yang indah, lidah mertua menjadi populer di kalangan pencintanya.

Karena bermanfaat sebagai penyuplai udara bersih, tanaman hias lidah mertua juga kerap kali jadi dekorasi indoor.

Namun ternyata, lidah mertua termasuk juga dalam tanaman hias beracun. Meski racun yang dihasilkannya tak terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare. Jadi, pastikan agar si kecil tak bermain-main dengan lidah mertua ya, Bunda.

Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)Foto: Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)
Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)

5. Wisteria

Wisteria merupakan tanaman hias dengan bunga cantik menjuntai ke bawah. Tanaman hias ini populer di Jepang dan China.

Namun, bagian bijinya ternyata beracun untuk manusia. Meski cantik, bunga ini menyimpan zat beracun yang kuat lho.

Zat saponin yang terkandung dalam bijinya, jika sampai tertelan menyebabkan gejala seperti pusing, muntah, bahkan pingsan.

6. Daffodil

Daffodil berbentuk seperti terompet kecil. Umumnya bunganya berwarna kuning yang cerah.

Di balik tanaman hias cantik dengan balutan bunganya yang indah, ternyata daffodil mengandung racun.

DaffodilFoto: Daffodil
Daffodil

7. Foxgloves

Tanaman hias berbentuk lonceng yang unik ini berbahaya untuk manusia. Bahkan bisa menyebabkan kematian lho.

Warnanya yang indah dan bentuknya yang unik bisa menarik perhatian si kecil untuk memainkannya. Jika sampai tertelan, gejala yang dialami berupa kejang, tremor, denyut nadi melemah dan gangguan irama jantung.

Kalau tertarik merawat tanaman hias ini, pastikan Bunda meletakkannya di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan si kecil ya.

FoxglovesFoto: Foxgloves
Foxgloves

 

8. Rhododendron dan azalea

Bunda pasti akan terkesima melihat keindahan warna yang dihasilkan tanaman hias satu ini. Tapi jangan sampai tertipu ya, Bund. Hal ini dikarenakan rhododendron dan azalea masuk ke dalam kategori tanaman hias berbahaya bagi makhluk hidup.

Jika Bunda tetap ingin merawat tanaman hias ini, pastikan untuk menempatkannya di tempat yang sulit dijangkau. Sebab, jika sampai tertelan dapat mengakibatkan permasalahan serius seperti sakit perut, sulit bernapas, bahkan kelumpuhan.

azaleaFoto: azalea
azalea

 

9. Philodendron

Tanaman hias philodendron cukup populer dan kerap dijadikan sebagai interior ruangan berkat keindahan daunnya. Tanaman hias satu ini juga digandrungi oleh banyak orang berkat perawatannya yang mudah. Meski bisa diletakkan di dalam rumah, bukan berarti tanaman hias ini aman bagi si kecil ya, Bunda. Tanaman hias philodendron justru berbahaya karena mengandung racun di dalamnya.

Gejala keracunan akibat tanaman hias ini adalah iritasi mulut, bengkak, muntah, kesulitan bernapas dan air liur berlebihan. Jadi hati-hati ya, Bunda, jauhkan tanaman ini dari jangkauan si kecil dan hewan peliharaan.

Philodendron (Image by bstad from Pixabay)Foto: Philodendron (Image by bstad from Pixabay)
Philodendron (Image by bstad from Pixabay)

 

10. Belladonna

Sekilas tanaman hias ini mirip dengan buah berry yang menggiurkan untuk disantap. Jangan biarkan si kecil mendekatinya ya, Bunda.

Sebab, belladonna memiliki kandungan zat tropane alkoids yang beracun jika dikonsumsi. Ada beragam efek yang dapat terjadi jika tak sengaja mengonsumsinya, seperti pupil mata membesar, penglihatan kabur, dan halusinasi.

Selain itu, zat racun yang terkandung di dalamnya dapat mengganggu sistem saraf, gangguan pernapasan, hingga keringat berlebih.

belladonnaFoto: belladonna
belladonna
Editor : Aron
Sumbaer : cnbcindonesia