Di saat Lionel Messi bebas transfer dua kesebelasan raksasa Eropa, Paris Saint-Germain dan Manchester City, bakal adu kuat menarik minat sang megabintang.

PSG dan Man City diyakini menjadi dua kesebelasan yang memiliki kans besar menjadi klub baru Messi jika benar-benar tak memperpanjang kontrak lagi di Barcelona.

Kontrak Messi di Barcelona berakhir pada 30 Juni 2021 dan hingga kini belum ada pembicaraan antara dua pihak mengenai kesepakatan baru.

Enam bulan menjelang akhir kontrak tanpa kepastian, maka Messi berstatus free agent dan diperbolehkan melakukan negosiasi dengan klub manapun.

Barcelona pun tidak bisa lagi menggunakan perlindungan klausul pelepasan Messi yang mencapai harga 630 juta poundsterling atau sekitar Rp12 triliun.

Barcelona's Argentine forward Lionel Messi kicks the ball during the UEFA Champions League football match between FC Barcelona and Ferencvarosi TC at the Camp Nou stadium in Barcelona on October 20, 2020. (Photo by LLUIS GENE / AFP)Lionel Messi sudah menghasilkan puluhan gelar bersama Barcelona. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Kendati demikian, tetap saja klub peminat diwajibkan memiliki kekuatan finansial lantaran gaji Messi yang berada di kisaran 500 ribu poundsterling per pekan atau sekitar Rp9,5 miliar.

Dengan gaji yang besar maka tidak sembarangan klub bisa merekrut Messi. Sementara PSG dan Man City yang memiliki kekuatan finansial bisa saja meluluhkan hati La Pulga karena punya kemampuan mengiming-imingi gaji tinggi.

Neymar pernah menjadi bagian dari kehidupan dalam dan luar lapangan Messi pada 2013 hingga 2017. Setelah didatangkan dari Santos, Neymar menjadi salah satu tandem sehati Messi selain Luis Suarez dalam kesatuan trio MSN.Selain kekuatan uang, dua klub tersebut juga memiliki daya tarik masing-masing bagi Messi. Faktor Neymar menjadi pemberat Messi ke PSG, sementara keberadaan Guardiola diprediksi jadi pertimbangan penting Messi.

Sementara awal karier dan kegemilangan Messi di Barcelona tidak lepas dari sosok Guardiola yang menjadi juru latih Blaugrana pada 2008 hingga 2012.

Selain uang dan keberadaan sosok tertentu, PSG dan Man City pun menawarkan peluang gelar. Keduanya merupakan kesebelasan papan atas di liga domestik dan memiliki kans di kompetisi antarklub Eropa.

Di luar PSG dan Man City, Barcelona masih punya kans melihat Messi bermain di Camp Nou. Menjadi pemain bebas transfer bukan berarti Messi sudah pasti lepas ke klub lain. Hasil pemilihan presiden Barcelona pada bulan ini bisa saja menjadi pertimbangan Messi.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia