Robert Pershing Wadlow, lahir di Alton, Illinois, Amerika Serikat pada 22 Februari 1918 adalah orang tertinggi di dunia yang pernah hidup. Wadlow kadang dipanggil “raksasa Alton” yang diambil dari kota kelahirannya di Alton, Illinois.
Robert Wadlow, Manusia Tertinggi dalam Sejarah (1)
Dok: Wikimedia Commons.
Tinggi Wadlow sendiri mencapai 2,72 meter (8 kaki 11,1 inci) dengan berat 220 kilogram (490 pon) pada umur 22 tahun. Tubuhnya yang besar dan terus bertumbuh tinggi saat dewasa disebabkan oleh hipertropi di hipofisis yang menyebabkan tidak normalnya jumlah hormon pertumbuhan dalam tubuh, sehingga pertumbuhan Wadlow terus terjadi.
Wadlow lahir dari pasangan Addie dan Harold Wadlow yang tinggal di Alton, Illinois pada 22 Februari 1918. Mempunyai 4 saudara lainnya, Wadlow merupakan anak paling tua..
Pada tahun 1936, setelah lulus dari SMA Alton, ia melanjutkan pembelajarannya di Kampus Shurtleff dengan mengambil ilmu hukum. Sejak tahun 1937, Wadlow telah memecahkan rekor sebagai manusia tertinggi.
Sepatunya yang pernah Wadlow kenakan masih tersimpan di beberapa tempat di Amerika Serikat, termasuk Museum sejarah dan seni Alton. Saat berumur 20 tahun, Wadlow menandatangani kontrak dengan Perusahaan Sepatu Internasional untuk membuatkannya sepatu secara gratis dengan syarat mengikuti tur promosional perusahan tersebut.
Robert Wadlow, Manusia Tertinggi dalam Sejarah (2)
Sepatu Wadlow. Dok: Wikimedia Commons.
Tinggi Wadlow sering kali menyebabkan ia mendapatkan masalah karena kakinya menjadi rapuh yang disebabkan tubuhnya yang besar menjadikannya sulit untuk berjalan sehingga ia menggunakan penopang kaki dari besi. Pada 27 Juni, 1940 (delapan belas hari sebelum kematiannya), ia memiliki tinggi 2,72 meter (8 kaki 11,1 inci), diukur oleh dokter C. M. Charles dan Cyril MacBryde dari Universitas Washington di St. Louis.
Saat masa hidupnya, Wadlow merupakan salah satu selebriti Amerika Serikat yang paling populer dimasanya; dia begitu terkenal saat ia melakukan tur penjuru negeri pada tahun 1936 sebagai bagian dari Sirkus Ringling Brothers dan tur promosional dari INTERCO pada tahun 1938. Saat itu ia selalu mengikuti tur promosional dan menghadiri beberapa acara televisi nasional.
Robert Wadlow, Manusia Tertinggi dalam Sejarah (3)
Wadlow ketika menghadiri suatu acara. Dok: Wikimedia Commons.
Pada 4 Juli 1940, ketika Wadlow muncul dalam Festival Hutan Nasional, penopang kaki besi di kaki Wadlow patah, menyebabkan kapalan dan luka sobek parah yang lantas menginfeksi kakinya. Dokter merawatnya dengan transfusi darah dan operasi darurat, tetapi kondisinya terus memburuk dan akhirnya nyawa Wadlow tidak dapat ditolong. Wadlow meninggal dunia pada 15 Juli 1940, ia meninggal saat tidur, ketika berusia 22 tahun.
Ada perkiraan 40,000 orang menghadiri pemakaman Wadlow pada tanggal 19 Juli 1940 silam. Wadlow dimasukan ke dalam peti mati dengan berat setengah ton sehingga membutuhkan 12 orang untuk mengangkut peti mati yang dilapisi beton tersebut. Keluarga Wadlow sangat khawatir jika tubuh Robert dicuri, sehingga kuburan Wadlow dijaga dengan sangat ketat.
Robert Wadlow, Manusia Tertinggi dalam Sejarah (4)
Prosesi pemakaman Wadlow. Dok: Wikimedia Commons.
Editor : Aron
Sumber : kumparan