Bayi yang sulit tidur nyenyak dan kerap terbangun setiap malam, dapat membuat orang tua kebingungan. Padahal, mungkin si kecil sudah disusui hingga kenyang, ditimang atau dinyanyikan, bahkan kamar juga sudah nyaman. Apa lagi yang bisa dilakukan?
Coba beri makanan yang membantu bayi bisa tidur, Moms! Menurut Ahli Makanan dan Penulis Parenting, Annabel Karmel, makanan sebenarnya dapat membantu menenangkan bayi dan membuatnya tidur lebih nyenyak.
“Beberapa jenis makanan mengandung stimulan yang akan meningkatkan energi untuk jangka waktu tertentu sehingga membuat bayi kurang mengantuk. Jenis makanan lain menghasilkan bahan kimia di otak yang mendorong ketenangan dan kantuk,” jelas Karmel seperti dikutip dari Her Family.
Makanan yang membantu tidur mengandung zat yang disebut triptofan. Triptofan kemudian menghasilkan zat kimia otak yang disebut serotonin, di mana melatonin diproduksi. Melatonin ini menurut Karmel sangat penting untuk tidur sehingga sering juga disebut ‘hormon tidur’.
Lalu, makanan-makanan apa saja yang bisa membuat bayi bisa tidur nyenyak?

Makanan yang Membuat Bayi Tidur Nyenyak

1. Nasi Putih
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (1)
Makanan yang Membuat Bayi Tidur Nyenyak Foto: Freepik
Menurut beberapa penelitian ilmiah, nasi disebut bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak dan lebih cepat karena terkenal memiliki indeks glikemik yang tinggi. Mengutip FirstCry Parenting, meski beras merah juga bagus dikonsumsi bayi karena nilai gizinya yang lebih tinggi, namun beras putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi. Ditambah lagi, nasi putih mudah dicerna oleh bayi dan juga ringan di perutnya.
2. Pisang
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (2)
Ilustrasi Pisang Foto: Steve Hopson/ WikimediaCommons
Pisang mudah dikonsumsi oleh bayi karena teksturnya yang lembut dan rasanya juga manis. Buah pisang ini mengandung magnesium yang baik yang merupakan pelemas otot alami, otot yang rileks bisa membuat bayi mengantuk sehingga akhirnya tidur lebih nyenyak. Selain itu, pisang juga memiliki melatonin dan serotonin dalam jumlah yang baik.
3. Ayam
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (3)
Ilustrasi Opor Ayam Foto: Flickr/bundaagnes
Ayam mengandung triptofan tingkat tinggi yang dapat membuat bayi mengantuk setelah memakannya. Selain itu, ayam juga merupakan protein hewani yang bagus untuk dikonsumsi si kecil.
4. Buncis
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (4)
Buncis memiliki karakteristik seperti buah. Foto: Pixabay
Buncis merupakan sayuran tinggi protein yang mengandung triptofan yang membantu bayi tidur lebih nyenyak. Selain itu, buncis juga tinggi zat besi, kalium, serat, dan vitamin K, C, dan B-6. Untuk mengolah buncis, lebih bayi direbus dan dihaluskan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke makanan bayi agar mereka mudah mengkonsumsi dan mencernanya.
5. Produk Susu
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (5)
keju cheddar Foto: Shutterstock
Memberikan produk susu sebelum bayi tidur bisa membuat mereka tidur lebih nyenyak. Anda bisa memberikannya olahan susu seperti keju cheddar karena memiliki jumlah triptofan yang cukup banyak.
6. Bayam
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (6)
Ilustrasi menanam bayam di polybag. Foto: Shutterstock
Sebagai sayuran hijau, bayam mengandung ‘hormon tidur’ alias triptofan yang cukup tinggi. Bayam juga memiliki nutrisi yang bagus untuk dikonsumsi oleh bayi seperti zat besi, vitamin, dan mineral.
7. Telur
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (7)
Ilustrasi telur. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Makan telur saat malam bisa menjadi obat penenang alami untuk bayi, putih telur membantu tubuh mempersiapkan waktu tidur dengan memproduksi melatonin yang menimbulkan rasa kantuk. Newshub melansir, telur dikenal luas sebagai sumber protein berkualitas tinggi dan memasukkan telur ke dalam makanan bayi dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidurnya.
8. Tahu
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (8)
Ilustrasi tahu kuning Foto: Dok.Shutterstock
Tahu merupakan makanan kaya protein, kalsium, dan isoflavon berkualitas tinggi–salah satu jenis fitoestrogen yang dapat meningkatkan serotonin. Mengutip Casper, sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang makan dua atau lebih porsi kedelai memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Sehingga, bisa dicoba untuk si kecil.
9. Oatmeal
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (9)
Ilustrasi oatmeal Foto: dok.shutterstock
Oatmeal adalah makanan yang menyediakan sumber melatonin alami. Mirip dengan nasi, oatmeal sarat dengan karbohidrat dan telah dilaporkan menyebabkan kantuk saat dimakan sebelum tidur karena sedikitnya peningkatan gula darah.
10. Ubi Jalar
10 Makanan yang Bisa Membantu Bayi Tidur Nyenyak (10)
Ilustrasi ubi jalar sebagai MPASI Foto: Pixabay
Ubi jalar tidak hanya enak, tetapi juga merupakan sumber kalium, magnesium, dan kalsium yang bagus. Mirip dengan pisang, komponen ubi jalar telah terbukti membantu bayi rileks dan menurunkan tekanan darah sebelum tidur.
Editor : Parna
Sumber : kumparan