Hingga saat ini, masih banyak perempuan yang belum mengetahui ukuran bra dengan tepat. Bila dibiarkan terus-menerus, hal ini akan membuat rasa tidak nyaman saat memakainya. Ladies, apakah kamu salah satunya?
Healthline melansir, sebenarnya ada lima tanda yang bisa diketahui bila bra yang dikenakan ternyata tidak sesuai ukuran atau terlalu kecil. Mulai dari timbul iritasi kulit hingga bagian tubuh yang terasa sakit. Berikut kumparanWOMAN berikan ulasan lengkapnya.

1. Kulit area payudara timbul iritasi dan lecet

5 Tanda Bra yang Dipakai Ternyata Tidak Sesuai Ukuran (1)
Ilustrasi melepas bra. Foto: Shutterstock
Bra yang terlalu ketat saat dipakai dapat menimbulkan sejumlah masalah kulit. Mulai dari iritasi, folikulitis, dermatitis, hingga muncul ruam merah pada area payudara.
“Ketika pakaian ketat menggesek kulit, dapat membuat keringat menjadi berlebih yang disertai dengan inflamasi pada folikel rambut. Tak hanya itu, bakteri atau jamur pada permukaan kulit pun bisa masuk ke dalam folikel rambut yang dapat membuat infeksi,” jelas Heather Downes, MD, dermatologis sekaligus pendiri Lake Forest Dermatology.

2. Terus-menerus membetulkan bra

5 Tanda Bra yang Dipakai Ternyata Tidak Sesuai Ukuran (2)
Bra. Foto: Thinkstock
Bra yang tidak pas di payudara dapat membuat pemakainya merasa tak nyaman. Mulai dari terus-menerus membetulkan tali bra, cup bra, hingga bagian samping bra. Hal ini menandakan bahwa bra yang dikenakan tidak pas saat dipakai, bisa saja terlalu longgar atau justru kesempitan. Idealnya, posisi bra tetap dapat menyokong bentuk payudara dan tidak akan longgar atau terasa kesempitan saat kamu melakukan berbagai aktivitas.

3. Munculnya penyakit asam lambung

5 Tanda Bra yang Dipakai Ternyata Tidak Sesuai Ukuran (3)
Ilustrasi asam lambung Foto: Shutter Stock
Dituturkan Downes, penggunaan bra yang terlalu ketat, korset hingga spanx dapat membuat kamu menderita penyakit asam lambung.
“Pakaian ketat dapat meningkatkan tekanan intra-abdominal hingga seseorang dapat mengalami refluks asam lambung yang disebabkan oleh dorongan dari perut ke esofagus bagian bawah,” kata Downes.

4. Cup bra tidak menutup payudara dengan sempurna

5 Tanda Bra yang Dipakai Ternyata Tidak Sesuai Ukuran (4)
Ilustrasi Ukuran Payudara Foto: Pixabay
Mungkin saat mencoba bra di fitting room, bra terasa enak saat dipakai. Tetapi saat kamu bergerak sepanjang hari, payudara mulai menonjol dari bagian depan atau samping. Ini menandakan bahwa cup bra yang digunakan tidak pas atau sesuai atau terlalu kecil.
“Cup bra yang terlalu kecil bisa menyakitkan untuk dipakai, terutama jika memiliki kawat pada bagian bawah bra,” jelas Robynne Winchester, pendiri perusahaan ritel pakaian dalam Revelation in Fit.

5. Bagian atas tubuh terasa sakit atau kaku

5 Tanda Bra yang Dipakai Ternyata Tidak Sesuai Ukuran (5)
Ilustrasi wanita sakit punggung. Foto: Shutterstock
Winchester melanjutkan, bila cup bra terlalu kecil atau terlalu besar, maka tidak berjalan sesuai fungsinya, yakni menopang bentuk payudara sekaligus memberikan rasa nyaman saat dipakai.
“Masalah yang paling sering ditemui soal bra adalah cup yang terlalu kecil dan tali bra yang terlalu longgar. Hasilnya, bra tidak menopang payudara, merasa tidak nyaman ketika dipakai hingga menimbulkan sakit dan kaku pada area bahu dan punggung. Selain itu, kebanyakan tali bra yang terlalu ketat dapat membuat lesi kulit jinak seperti keratosis seboroik dan tahi lalat. Lesi ini kemudian bisa membengkak,berdarah dan bisa terasa nyeri,” demikian ujar Winchester.
Editor : Aron
Sumber : kumparan