Warga Kota Batam, Kepulauan Riau, yang tengah menjalani perawatan dan isolasi di rumah sakit karena COVID-19 bersyukur masih bisa ikut menggunakan haknya memilih calon kepala daerah dalam Pilkada Serentak 2020. Petugas KPU mendatangi mereka yang sedang menjalani masa isolasi.

“Alhamdulillah, kami bisa ikut pilkada,” kata warga Batam, Yusfa Hendri, yang kini tengah menjalani isolasi di rumah sakit karena COVID-19 seperti dilansir Antara, Rabu (9/12/2020).

Sejumlah petugas KPPS mendatangi masing-masing kamar pasien di rumah sakit dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap demi mencegah penularan virus Corona. Pemilihan dilakukan di dalam kamar, tanpa bilik suara.

Pasien mencoblos di atas bantalan yang sudah disiapkan oleh panitia secara bergantian. Sama dengan di TPS, panitia juga menyiapkan sarung tangan plastik dan tinta yang dibubuhkan ke tangan pemilih sebagai tanda warga telah menggunakan haknya.

Yusfa mengaku lega karena bersama istri dan tiga anaknya yang juga tengah menjalani perawatan di RS bisa menyalurkan suaranya dalam Pilkada 2020.

“Saya lega. Walaupun di rumah sakit, saya dan keluarga bisa tetap menggunakan hak pilih. Semoga suara kami juga turut menentukan pemimpin Batam dan Kepri ke depannya,” kata Yusfa, yang juga menjabat Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkot Batam.

Dimintai konfirmasi terpisah, anggota KPU Kota Batam, Sastra Tamami, menyatakan pemilihan kepala daerah juga dilaksanakan di RS, termasuk yang merawat pasien COVID-19.

“Kami telah menurunkan instruksi kepada PPK untuk melayani pasien COVID-19,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mencatat sedikitnya terdapat 91 pasien COVID-19 yang memiliki hak pilih pada Pilkada 2020.

Sementara itu, di Kota Tanjungpinang tercatat 81 pasien positif COVID-19 memberikan hak pilihnya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri.

“Mereka memberikan hak suaranya di RSUD Tanjungpinang, Rumah Sakit Angkatan Laut, RSUP Raja Ahmad Tabib Kepri, dan LPMP Toapaya Bintan,” kata komisioner KPU Tanjungpinang Susanty di Tanjungpinang.

Pilgub Kepri diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan Isdianto-Suryani, pasangan Ansar Ahmad-Marlin Agustina, dan pasangan Soerya Respationo-Iman Sutiawan.

Pasangan Isdianto-Suryani diusung PKS, Hanura, dan Demokrat; pasangan Ansar Ahmad-Marlin Agustina diusung NasDem, Golkar, PAN, dan PPP; sedangkan pasangan Soerya Respationo-Iman Sutiawan diusung PDIP, Gerindra, dan PKB.

Editor : Aron
Sumber : detik