Kencur ternyata tak cuma bermanfaat sebagai bumbu masak saja. Salah satu jenis rimpang ini ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan.

Kencur atau aromatic ginger merupakan salah satu jenis empon-empon atau tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan. Kencur yang memiliki nama latin Kaempferia galanga ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan.

Kencur memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga biasa digunakan pada aneka masakan seperti urap, pecel, sambal kencur dan lainnya. Kencur yang biasa disebut sebagai cekur juga kerap dicampur dalam ramuan obat penguat tubuh termasuk jamu beras kencur.

Mengutip berbagai sumber berikut beberapa manfaat kencur yang tak terduga.

1. Mencegah kanker

Berbagai riset menunjukkan bahwa kencur mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Meredakan nyeri

Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu, orang Indonesia biasa menggunakan kencur sebagai obat anti nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi. Pasalnya kencur mengandung zat antinyeri dan antiradang.

3. Mengurangi stres

Kencur ternyata juga dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres. Untuk mendapatkan manfaat kencur ini Anda bisa menggunakannya sebagai campuran dalam masakan ataupun dalam jamu atau suplemen.

4. Menurunkan tekanan darah

Kencur telah lama digunakan untuk mengobati hipertensi. Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik.

5. Meningkatkan selera makan

Untuk meningkatkan anak-anak atau orang yang tak nafsu makan, kencur ternyata bisa jadi obat tersendiri. Anda pasti sering dengar jamu beras kencur bisa meningkatkan nafsu makan seseorang. Hal ini terjadi karena senyawa carminative (yang mengeluarkan udara) yang ada di dalamnya.

6. Meningkatkan energi

Manfaat kencur ternyata juga untuk meningkatkan energi. Anda hanya perlu merebus 2 cm kencur dengan segelas air. Minum air rebusan kencur ini di malam hari sebelum tidur.

7. Obat batuk

Kencur juga disebut bisa menjadi obat batuk. Anda bisa makan kencur untuk mengatasi gejala awal batuk.Parut kencur dan peras airnya. Tambahkan perasan jus lemon dan madu.

Selain itu, masih banyak manfaat kencur lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan misalnya melancarkan sembelit sampai menurunkan kolesterol.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia