Berita Gembira untuk Bintan. Sebabnya awal Februari, pelabuhan Lagoi akan dibuka untuk menyambut wisatawan mancanegara dari Singapura.
Kabar ini disampaikan langsung oleh Pjs. Bupati Bintan, Buralimar usai mengikuti Laporan Tahunan PT. Bank Indonesia, Kamis (3/12) di Ballroom Hotel Radisson Batam.
“Jika tidak ada halangan awal Februari 2021 sebelum Hari Raya Imlek, pintu Singapura untuk rute tujuan Kawasan Wisata Lagoi sudah bisa kembali dibuka,” ujar Buralimar.
Buralimar mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan agar pariwisata di Bintan tidak mati, dari Pemerintah Daerah hingga Pemerintah Pusat maupun pihak pengelola wisata itu sendiri. Sempat terhenti karena kondisi yang tengah dilanda pandemi COVID-19.
Sejauh ini, upaya birokrasi seperti menyurati secara tertulis terus dilakukan. Disamping itu, kawasan wisata Lagoi juga sudah menerapkan dan mempersiapkan tatanan adaptasi kebiasaan baru dengan sangat baik.
“Secepat mungkin akan kita dorong terus agar Singapura mau membuka diri, paling lambat menjelang Imlek awal Februari nanti. Kunjungi langsung dan lihat sendiri,” paparnya.
Buralimar menjelaskan bahwa hal ini sudah menjadi pembahasan tingkat nasional. Bahkan lebih dari 9 menteri sudah berkunjung ke Lagoi, Bintan.Termasuk Menpora juga melihat langsung kondisi Lagoi. Kesemuanya sangat mendukung dan mengatakan Lagoi sangat layak dan siap untuk dibuka kembali.
“Kalau Pemerintah Singapura mau menurunkan timnya pun silahkan datang dan kita siap menyambut. Prokes di sana luar biasa, bahkan seluruh karyawannya di swab setiap bulan hampir dua kali. Sertifikat CHSE juga sudah mereka dapat,” kata Buralimar.
Hingga saat ini, upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat mulai menuai hasil. Namun, usaha yang dilakukan akan tetap berlanjut. Terutama untuk meyakinkan Pemerintah Singapura bahwa Bintan khususnya Kawasan Wisata Lagoi sudah sangat siap untuk dikunjungi.
Editor : Aron
sumber : kumparan