Instagram/vanessaangelofficial

Vanessa Angel hingga saat ini masih menjalani masa tahanannya atas kasus xanax. Karena itu, Vanessa Angel tidak bisa menyusui sang buah hati, Gala.

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia akhirnya mendengar hal tersebut. AIMI akhirnya melayangkan surat yang ditujukan untuk Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly.

Hal tersebut disampaikan AIMI lewat unggahan di Instagram miliknya. AIMI berharap pihak kementerian bisa memberikan pertimbangan soal ibu menyusui yang tengah mendekam di dalam tahanan.

“Tanggal 27 November 2020 lalu AIMI sudah melayangkan surat ke Kementerian Hukum dan HAM RI @kemenkumhamri yang juga ditembuskan ke Kementerian Kesehatan RI @kemenkes_ri terkait pertimbangan penerapan hukuman bagi ibu yang sedang dalam tahap menyusui bayinya, dalam hal ini terkait juga dengan kasus yg menimpa Vanessa Angel (VA),” tulis AIMI dalam Instagram miliknya.

“Semoga surat ini dapat memberikan pertimbangan wacana baru yang juga berlaku untuk kasus-kasus lainnya yang melibatkan narapidana perempuan yang memiliki bayi yang sedang dalam periode menyusui,” sambungnya lagi.

 

“Ibu menyusui dan bayinya, di manapun mereka berada dan dalam situasi apapun (bahkan di berbagai kondisi krisis seperti bencana, perang atau dlm status sebagai tahanan), berhak untuk mendapatkan dukungan dan perlindungan menyusui yang sebaik baiknya dengan tetap mempertimbangkan aspek hukum yang berlaku. Infografis oleh @hidayatrahmat dari @id_ayahasi. #advokASImenyusui #advokASIAIMI #hakmenyusui #dukunganmenyusui,” terangnya lagi.

Postingan itu langsung mendapatkan respons dari netizen dan juga sang suami dari Vanessa Angel. Dalam keterangannya miliknya, Bibi berterima kasih karena ada pihak yang peduli dengan nasib sang istri juga sang buah hati, Gala.

Netizen juga banyak yang menyoroti hal tersebut. Sebagai seorang ibu seharusnya memang diberikan hak untuk menyusui.

“Iya lah.. setuju saya sebagai sesama busui pejuang asi. Paling tidak masa penahanan ditangguhkan selesai asi eksklusif donk,” tutur akun rin***.

“Keren sekali apapun kesalahan ibu, anak tetap memiliki haknya utk mendapatkan asi. Tx AIMI,” beber akun ika***.

“AIMI.. terimakasih sudah menyuarakan hal. semangat teman-teman,” tukas akun ier****.

Editor : Aron
Sumber : detik