Kasus harian Covid-19 di Indonesia lagi-lagi mencatat rekor, bertambah 8.369 pasien pada Kamis (3/12/2020).

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat total konfirmasi positif di Indonesia menembus 557.877 orang. Dari total kasus tersebut, sebanyak 462.553 merupakan pasien sembuh, yang bertambah 3.673 orang dibandingkan dengan hari sebelumnya. Sementara itu, jumlah kasus kematian mencapai 17.355 orang, bertambah 156 orang dibandingkan dengan sebelumnya.

Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan bahwa meledaknya kasus Covid-19 yang terjadi beberapa hari terakhir tak bisa ditolerir. Satgas menemukan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan semakin menurun.

“Kita bisa melihat dalam beberapa hari terakhir kita mencatatkan rekor-rekor baru. Sebelumnya kita belum pernah mencapai di atas 5.000, tapi sayangnya kasus positif semakin meningkat bahkan per hari ini menembus lebih dari 8.000 kasus. Ini angka yang sangat besar dan tidak bisa ditolerir,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito.

Dia meminta masyarakat mengurangi mobilitas sampai kasus aktif kembali turun.

“Kami meminta masyarakat untuk mengurangi mobilitas, walaupun sulit maka harus diminimalisir. Kita harus menyadari langkah ini merupakan perlindungan pada diri sendiri dan orang terdekat,” pungkasnya.

Editor : Aron
Sumber : cnbcindonesia