Bruno Fernandes di laga MU vs PSG dalam lanjutan Liga Champions. Foto: MU via Twitter
Manchester United tumbang saat menjamu Paris Saint-Germain dalam lanjutan Liga Champions 2020/21. Bermain di Old Trafford, The Red Devils keok 1-3 dari Les Parisiens, Kamis (3/12) dini hari WIB.
Gol-gol PSG dicetak oleh Neymar (6′ & 90+1′) dan Marcos Aoas Correa, alias Marquinhos (69′). Sementara gol pelipur lara MU hadir dari Marcus Rashford (32′).
Setelah kekalahan ini, MU tergusur dari posisi teratas klasemen sementara Grup H Liga Champions 2020/21. PSG kini berada di posisi teratas. dengan sembilan poin.
MU vs PSG: Diwarnai Kartu Merah, The Red Devils Keok di Old Trafford (1)
Manchester United vs Paris Saint Germain. Foto: REUTERS/Phil Noble
MU menjamu PSG dengan skema 4-2-3-1. Edinson Cavani bermain di pos paling depan. Lalu ada trio Marcus Rashford, Bruno Fernandes, dan Anthony Martial bertugas di belakangnya. Sementara itu Fred dan Scott McTominay melapisi lini belakang MU.
Menariknya, David De Gea turun sebagai starter di laga ini. Sementara Dean Henderson duduk di bangku cadangan.
PSG meladeni dengan formasi 4-3-3. Trio Neymar, Moise Kean, dan Kylian Mbappe jadi ujung tombak serangan. Mereka dibantu Marco Verratti, Danilo Pereira, dan Leandro Paredes dari lini tengah.
MU dikagetkan oleh gol cepat PSG. Sekitar lima menit laga berjalan, Neymar sukses membobol gawang MU.
Gol tercipta setelah Neymar mendapat bola muntah hasil tendangan Mbappe. Penyerang asal Brasil itu lalu melepaskan tendangan voli dengan kaki kanannya yang tak mampu dihalau David De Gea.
Unggul satu membuat PSG makin semangat menyerang. Sekitar 10 menit setelah gol pertama, Neymar lagi-lagi jadi masalah untuk De Gea. Namun, skor masih belum berubah.
MU vs PSG: Diwarnai Kartu Merah, The Red Devils Keok di Old Trafford (2)
Neymar saat mencetak gol di laga MU vs PSG dalam lanjutan Liga Champions. Foto: PSG via Twitter
Laga berjalan cukup panas. Fred dan Paredes terlibat adu mulut. Dalam siaran ulang tampak Fred melakukan kontak dan Paredes terjatuh. VAR pun turun tangan, dan Fred bisa lega karena cuma kena kartu kuning.
Meski kewalahan meladeni PSG, MU tetap berbahaya. Buktinya, mereka berhasil mencetak gol penyeimbang di menit ke-32.
Rashford berhasil bikin gol setelah mendapat bola kiriman dari Aaron Wan-Bissaka. Striker jebolan akademi MU itu melepaskan tendangan mendatar yang bersarang ke gawang PSG setelah mengenai kaki Danilo.
MU vs PSG: Diwarnai Kartu Merah, The Red Devils Keok di Old Trafford (3)
Manchester United vs Paris Saint Germain. Foto: Phil Noble/Reuters
Menjelang turun minum, Neymar dan McTominay nyaris ribut. Ini terjadi setelah McTominay menekel Neymar sampai terjatuh. Keributan nyaris terjadi karena setelah tekel, McTominay tampaknya tidak sengaja menginjak pergelangan kaki Neymar.
Pertandingan berlanjut, namun skor 1-1 bertahan sampai babak pertama selesai.
Saat kedua tim berjalan ke ruang ganti, sempat terjadi adu mulut antara Neymar dan McTominay. Namun, keduanya dengan cepat dipisahkan dan Neymar tampak memberi protes kepada wasit, kemungkinan tentang tekel yang ia terima dari McTominay.
MU lebih bersemangat saat kembali dari ruang ganti. Aksi trio Martial, Rashford, dan Cavani nyaris membawa tim tuan rumah unggul. Namun, Martial yang mendapat bola kiriman ciamik dari Rashford gagal melepaskan tendangan tepat sasaran.
Beberapa menit kemudian giliran Cavani yang unjuk gigi. Striker asal Uruguay itu berlari kencang ke arah kotak penalti PSG usai mendapat bola terobosan dari Martial.
Melihat kiper Navas agak jauh dari gawang, Cavani melepaskan tendangan cip dari jarak agak jauh. Bola melewati kiper, tetapi gagal masuk karena menghantam mistar atas gawang.
Martial yang datang melakukan follow up juga tak mampu membobol gawang setelah bola tendangannya diblok Marquinhos.
Alih-alih menambah gol, MU kemudian malah kebobolan. Di menit ke-69, Marquinhos sukses membawa PSG kembali unggul dengan tendangan jarak dekatnya.
MU vs PSG: Diwarnai Kartu Merah, The Red Devils Keok di Old Trafford (4)
Manchester United vs Paris Saint Germain. Foto: REUTERS/Phil Noble
Semenit kemudian, situasi makin runyam untuk MU. Mereka harus bermain dengan 10 orang saja karena Fred kena kartu kuning kedua. Fred dihukum dengan kartu kuning itu karena melakukan tekel kepada Herrera.
Sialnya untuk MU, Rashford tampaknya mengalami cedera. Ia pun ditarik keluar dan digantikan oleh Paul Pogba. Selain itu, Ole Gunnar Solskjaer juga melakukan perubahan lain.
Dia menarik Cavani dan Martial keluar. Sebagai gantinya, ada Mason Greenwood dan Donny van de Beek yang turun.
Kehilangan satu pemain berdampak pada performa MU. Mereka tak mampu bertahan menghadapi gempuran PSG dan harus kebobolan untuk ketiga kalinya.
Neymar sukses mencetak gol di menit ke-90+1. Gol bermula dari aksi apik Neymar yang memimpin serangan balik. Bola lalu sampai ke Rafinha di dalam kotak penalti yang kemudian memberi operan cantik ke Neymar.
Neymar pun menceploskan bola ke dalam gawang dan skor 3-1 untuk PSG berakhir sampai pertandingan berakhir.
Editor : Aron
Sumber : kumparan