Data terbaru dari para peneliti di Pusat Statistik Nasional Inggris melacak statistik terkait gejala paling umum yang ditimbulkan akibat infeksi virus corona adalah hilangnya indera penciuman atau anosmia.

Banyak orang berpikir bahwa gejala seperti demam dan batuk kering merupakan salah satu tanda peringatan paling umum akan keberadaan virus, bersama dengan kelelahan. Namun, data menunjukkan justru hilangnya indera penciuman dan perasa lebih sering dilaporkan pada pasien Covid-19.

Sebagaimana dilansir Healthline, anosmia adalah hilangnya indra penciuman sebagian atau seluruhnya. Kehilangan ini mungkin bersifat sementara atau permanen.

Kondisi umum yang mengiritasi lapisan hidung, seperti alergi atau pilek, dapat menyebabkan anosmia sementara.

Kondisi yang lebih serius dapat memengaruhi otak atau saraf, seperti tumor otak atau trauma kepala, dapat menyebabkan hilangnya penciuman secara permanen. Usia lanjut juga terkadang menyebabkan anosmia.

Anosmia biasanya tidak serius, tetapi dapat berdampak besar pada kualitas hidup seseorang.

Orang dengan anosmia mungkin tidak dapat merasakan makanan sepenuhnya dan mungkin kehilangan minat untuk makan. Ini dapat menyebabkan penurunan berat badan atau malnutrisi.

Anosmia juga dapat menyebabkan depresi karena dapat mengganggu kemampuan seseorang untuk mencium atau merasakan makanan yang nikmat.

Penyebab Anosmia

Anosmia sering kali disebabkan oleh pembengkakan atau penyumbatan di hidung yang mencegah bau tak sedap sampai ke bagian atas hidung. Anosmia terkadang disebabkan oleh masalah pada sistem yang mengirimkan sinyal dari hidung ke otak.

Berikut beberapa penyebab utama anosmia:

1. Iritasi pada selaput lendir yang melapisi hidung

Ini biasanya dipicu oleh infeksi sinus, flu biasa, merokok, influenza, serta alergi.

Namun pilek adalah penyebab paling umum dari hilangnya bau sebagian dan sementara. Dalam kasus ini, anosmia akan hilang dengan sendirinya.

2. Penyumbatan saluran hidung

Kehilangan penciuman dapat terjadi jika ada sesuatu yang secara fisik menghalangi jalannya udara ke hidung. Ini mungkin termasuk tumor, polip hidung, kelainan bentuk tulang di dalam hidung atau septum hidung.

3. Kerusakan otak atau saraf

Ada reseptor di dalam hidung yang mengirimkan informasi melalui saraf ke otak. Anosmia dapat terjadi jika salah satu bagian dari jalur ini rusak.

Ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan kerusakan ini, di antaranya usia tua, penyakit Alzheimer, tumor otak, penyakit Huntington, masalah hormonal, tiroid yang kurang aktif, obat-obatan termasuk beberapa antibiotik dan obat tekanan darah tinggi, sklerosis ganda, penyakit Parkinson, skizofrenia, epilepsi, dan sebagainya.

Dalam kasus yang jarang terjadi, orang dilahirkan tanpa indra penciuman karena kondisi genetik biasa disebut anosmia bawaan.

Cara Diagnosis Anosmia

Hilangnya bau sulit diukur. Dokter biasanya akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang gejala Anda saat ini, memeriksa hidung Anda, melakukan pemeriksaan fisik lengkap, dan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda.

Umumnya, dokter mungkin bertanya tentang kapan keluhan ini dimulai, apakah semua atau hanya beberapa jenis bau terpengaruh, dan apakah Anda bisa mencicipi makanan atau tidak.

Bergantung pada jawaban Anda, dokter juga melakukan satu atau lebih tes sebagai berikut:

– CT scan, yang menggunakan sinar-X untuk membuat gambar otak yang detail

– Pemindaian MRI, yang menggunakan gelombang radio dan magnet untuk melihat otak

– X-ray tengkorak

– Endoskopi hidung untuk melihat ke dalam hidung Anda

Komplikasi Anosmia

Orang dengan anosmia mungkin kehilangan minat pada makanan sehingga menyebabkan malnutrisi dan penurunan berat badan.

Orang dengan anosmia harus memastikan alarm asap yang berfungsi di rumah mereka setiap saat. Mereka juga harus berhati-hati dengan penyimpanan makanan dan penggunaan gas alam karena mereka mungkin kesulitan mendeteksi makanan busuk dan kebocoran gas.

Tindakan pencegahan yang direkomendasikan meliputi:

– memberi label makanan yang benar dengan tanggal kedaluwarsa
– membaca label pada bahan kimia seperti pembersih dapur dan insektisida
– menggunakan peralatan listrik

Pengobatan Anosmia

Perawatan anosmia tergantung pada penyebabnya. Jika hilangnya bau terjadi karena flu, alergi, atau infeksi sinus, biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika anosmia tidak kunjung sembuh setelah gejala flu atau alergi mereda.

Perawatan yang dapat membantu mengatasi anosmia yang disebabkan oleh iritasi hidung meliputi:

– dekongestan
– antihistamin
– semprotan hidung steroid
– antibiotik, untuk infeksi bakteri
– mengurangi paparan iritasi hidung dan alergen
– berhenti merokok

Kehilangan bau yang disebabkan oleh penyumbatan hidung dapat diobati dengan membuang apa pun yang menghalangi saluran hidung Anda. Pengangkatan ini mungkin melibatkan prosedur untuk menghilangkan polip hidung, meluruskan septum hidung, atau membersihkan sinus.

Orang tua lebih rentan kehilangan indra penciuman secara permanen. Saat ini tidak ada pengobatan yang tersedia untuk penderita anosmia kongenital atau bawaan.

Orang yang kehilangan sebagian indra penciumannya dapat menambahkan zat penyedap pekat ke makanan untuk meningkatkan kenikmatannya.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia