Ilustrasi

Meskipun sekilas terlihat tidak berbahaya, namun nyamuk bisa berkontribusi pada tingginya jumlah kasus penyakit seperti demam berdarah, malaria dan Zika. Inilah sebabnya mengapa nyamuk sering disebut sebagai pembunuh nomor 1 di dunia.

Untuk mengusir nyamuk, seringkali menggunakan obat semprot berbahan kimia. Namun ada beberapa cara untuk mengusir nyamuk secara alami tanpa semprotan yakni dengan tanaman hias.

Berikut adalah tanaman hias pengusir nyamuk dilansir laman Goodhousekeeping dan Gardendesign.

 

1.Lemon Balm

Lemon balm yang termasuk ke dalam anggota keluarga mint ini memiliki bunga berwarna putih dan aroma lemon yang lembut menenangkan. Salah satu manfaat tanaman hias lemon balm adalah mengusir nyamuk.

Kandungan sitronela yang terdapat dalam lemon balm ini tak disukai oleh nyamuk. Kendati demikian, nektar bunga lemon balm yang indah justru disukai kupu-kupu.

2.Catnip

Tanaman hias catnip mudah ditemukan dan dapat tumbuh subur di mana saja. Catnip mengandung senyawa kimia alami, yaitu nepetalakton yang disukai kucing, namun dibenci nyamuk.

Tanaman hias ini menjadi pengusir nyamuk yang ampuh. Dalam sebuah penelitian Iowa State University, tanaman hias daun catnip diketahui sepuluh kali lebih efektif mengusir nyamuk daripada DEET, bahan kimia yang digunakan pada sebagian besar pengusir serangga.

3.Kemangi

Kemangi atau basil juga merupakan tanaman hias pengusir nyamuk alami. Dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2009, minyak esensial dari kemangi ini beracun bagi larva nyamuk.

Tak hanya itu, kemangi juga berfungsi ganda sebagai pengusir hama. Itu karena bau tajam dari daun kemangi inilah yang mencegah hama. Tanaman hias ini menyukai kondisi lembap dan terpapar banyak sinar matahari.

4.Lavender

Siapa yang tak kenal dengan lavender? Tanaman hias ini populer karena bunga berwarna ungu yang cantik dan dapat mengusir serangga seperti nyamuk, ngengat, dan lalat.

Tanaman hias lavender mengeluarkan aroma yang berasal dari minyak esensial pada tanaman. Aroma harum yang mencuat dari bunga lavender ini dapat mengharumkan udara, namun justru tidak disukai nyamuk.

Cara efektif menggunakan lavender sebagai pengusir nyamuk dan hama adalah dengan menggosok tanaman untuk melepaskan minyaknya. Tanaman hias ini juga sangat tangguh dan tahan kekeringan setelah ditanam, serta hanya membutuhkan sinar matahari penuh.

5.Peppermint

Peppermint juga digunakan sebagai pengusir nyamuk yang alami. Daun peppermint mengandung minyak yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk di rumah.

Tanaman hias daun ini bisa efektif mengusir nyamuk hingga 2,5 jam lamanya. Namun untuk memperoleh manfaat ini, Anda harus membuat larutan peppermint atau dalam bentuk minyak esensial.

Minyaknya telah terbukti dapat mengusir serangga dewasa dan membunuh larva, serta telur dari dari beberapa spesies. Selain itu, peppermint bisa bermanfaat sebagai perasa untuk teh atau permen.

Daun Sage (Image by Lebensmittelfotos from Pixabay) Foto: REUTERS/Lisi Niesner
6.Mint

Mint termasuk tanaman hias tidak beracun yang ampuh membantu mengusir nyamuk. Selain itu, mint juga efektif mengusir lalat dan semut.

Aroma mint yang semakin kuat akan membuat serangga makin menjauh. Tanam saja mint dalam pot, lalu letakkan di teras rumah.

Daun mint juga bermanfaat buat campuran teh. Minuman teh hangat Bunda makin segar nih, kalau dicampur daun mint.

7.Sage dan Rosemary

Sage dan rosemary biasanya digunakan sebagai bahan bumbu dalam makanan. Namun, tanaman hias ini juga memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk.

Bunga rosemary juga sangat cocok dijadikan tanaman anti nyamuk di kamar. Sama seperti lavender, aromanya yang kuat dapat mengusir nyamuk.

8.Marigold

Bunga marigold mudah tumbuh dan aroma wanginya juga bisa menghalangi nyamuk. Tanam saja tanaman hias marigold dalam pot, lalu letakkan di dekat teras atau pintu masuk rumah.

Menurut New York Botanical Garden, tanaman hias marigold tidak hanya dapat mengusir nyamuk, tetapi juga mencegah kutu daun, lalat putih, serangga squash, dan cacing tanduk tomat.

9.Geranium

Geranium menjadi tanaman hias pengusir nyamuk yang populer. Geranium mengeluarkan aroma lemon yang semerbak, sekilas aromanya seperti serai.

Tak hanya itu, geranium juga memiliki bunga yang indah dengan wangi yang kuat. Aroma kuat yang dihasilkan tersebutlah yang dapat menjauhkan beberapa jenis hama.

Tanaman hias ini cepat tumbuh dan menyukai iklim hangat, cerah dan kering. Sehingga cocok ditanam di halaman rumah.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia