Stephanie Frappart. Foto: Dok. FIFA
Stephanie Frappart akan mencetak sejarah baru di laga sepak bola laki-laki Liga Champions, dengan mewasiti laga Juventus vs Dynamo Kyiv. Artinya, dia akan menjadi wanita pertama yang memimpin laga sepak bola laki-laki Liga Champions.
Laga yang rencananya berlangsung di Turin itu akan dihelat pada Kamis (3/11) dini hari WIB. Frappart akan mencetak sejarahnya di sana.
Walau begitu, ini bukanlah pengalaman pertama Frappart mewasiti laga sepak bola pria. Sebelumnya, wasit asal Prancis ini juga pernah menjadi wanita pertama yang memimpin laga utama kompetisi UEFA putra ketika Liverpool dan Chelsea bertemu di Piala Super 2019.
Frappart adalah wasit kaya pengalaman. Menurut BBC, wasit 36 tahun itu juga menjadi wasit final Piala Dunia Wanita 2019, AS vs Belanda. Dia pun sudah menjadi wasit Ligue 1 Prancis sejak 2019 dan telah memimpin laga Liga Europa pertamanya pada Oktober lalu saat Leicester City menjamu Zorya Luhansk.

Stephanie Frappart dan geliat wasit wanita

Stephanie Frappart Jadi Wanita Pertama yang Wasiti Laga Liga Champions Putra (1)
Stephanie Frappart. Foto: Dok. FIFA
Kiprah wasit wanita memimpin pertandingan sepak bola laki-laki memang sudah beberapa kali terjadi. Frappart bukan yang pertama.
Nicole Petignat adalah wanita pertama yang menjadi wasit laga sepak bola laki-laki UEFA. Itu terjadi kalah wasit asal Swiss itu memimpin laga babak kualifikasi Piala UEFA antara 2004 dan 2009.
Di Jerman, ada Bibiana Steinhaus. Dia tahun ini telah memimpin laga Piala Super Jerman 2020 yang menyajikan laga Bayern vs Dortmund.
Editor : Aron
Sumber : kumparan