Memasak brokoli dapat memengaruhi kandungan nutrisinya. Ini karena beberapa kandungan nutrisi dalam sayuran hijau ini mudah terurai ketika terkena suhu panas. Sehingga, bila memasak brokoli tidak dalam waktu dan suhu yang tepat, kamu bisa kehilangan nutrisi baik di dalamnya.
Menurut lembaga riset Kementerian Pertanian Amerika Serikat, FoodData Central, 90 gram brokoli mentah menyediakan 90-108 persen dari Recommended Daily Allowance (RDA) kebutuhan vitamin C setiap orang.
Vitamin C inilah, sumber nutrisi dalam brokoli yang begitu peka terhadap panas, dan kandungannya bisa sangat bervariasi tergantung pada metode pengolahannya. Studi dalam Journal of Zhejiang University tahun 2009 menemukan bahwa brokoli yang ditumis dan direbus, mampu menurunkan kandungan vitamin C sebesar 33-38 persen.
Tips Memasak Brokoli agar Nutrisinya Tak Hilang dan Tetap Kriuk! (1)
Ilustrasi brokoli Foto: Pixabay
Adapun, selain vitamin C, proses memasak menggunakan microwave, merebus, dan menumis juga dapat menyebabkan brokoli kehilangan kandungan klorofil.
Mengukus brokoli menjadi tips memasak terbaik untuk menjaga kandungan vitamin C, dibandingkan dengan metode memasak lain. Selain itu, Huffington Post melansir, mengukus brokoli juga dapat membuat rasa dan teksturnya tetap terjaga, serta lebih ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Tips Memasak Brokoli agar Nutrisinya Tak Hilang dan Tetap Kriuk! (2)
Ilustrai mengukus brokoli Foto: Dok.Pixabay
Tahukah kamu? Brokoli juga mengandung sulforaphane, sebuah senyawa tumbuhan alami yang tak kalah penting. Dalam banyak penelitian, sulforaphane terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti membantu melindungi tubuh terhadap penyakit jantung, kanker, diabetes, dan masalah pencernaan.
Uniknya, Studi dalam Journal of agricultural and food chemistry tahun 2008, mengungkapkan kalau, tubuh kamu lebih mudah menyerap sulforaphane dari brokoli mentah daripada brokoli matang.
Meski begitu, memasak brokoli masih lebih memiliki berbagai manfaat bila dibandingkan dengan memakannya secara mentah; misalnya meningkatkan aktivitas antioksidannya dan meningkatkan kandungan karotenoid brokoli —antioksidan yang membantu mencegah penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Editor : Parna
Sumber : kumparan