Negara-negara yang siap vaksinasi COVID-19 Desember 2020. (foto: AFP)

Perkembangan uji klinis vaksin COVID-19 dunia terus membuahkan kabar baik. Beberapa negara bahkan berencana memulai vaksinasi COVID-19 Desember 2020.

Dikutip dari The Guardian, Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang siap vaksinasi COVID-19 akhir tahun ini. Vaksin COVID-19 Pfizer dan BioNTech rencananya akan mendapat persetujuan penggunaan darurat di AS dalam waktu dekat.

Selain AS, Inggris juga disebut akan menjadi salah satu negara yang melakukan vaksinasi COVID-19 akhir tahun ini. Berikut rangkuman negara-negara yang melakukan vaksinasi COVID-19 akhir tahun ini.

1. Inggris

Inggris disebut bisa memberikan persetujuan penggunaan darurat emergency use of authorization (EUA) vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech paling cepat pekan ini. Surat kabar Inggris Telegraph, melaporkan persetujuan EUA dapat segera diberikan di Inggris usai vaksin COVID-19 Pfizer menunjukkan angka efektivitas 95 persen dan tak ada efek samping serius.

“Layanan Kesehatan Nasional Inggris telah diberitahu untuk siap mengatur vaksinasi COVID-19 sebelum 1 Desember,” demikian sumber pemerintah.

Secara resmi, Inggris pekan lalu meminta pihak regulator medisnya untuk mempertimbangkan kesesuaian vaksin COVID-19 Pfizer-BioNTech. Namun, Departemen Kesehatan Inggris tidak berkomentar pada hari Minggu tentang kapan vaksinasi pertama akan diberikan.

Inggris telah memesan 40 juta dosis vaksin COVID-19 dan berharap memiliki setidaknya 10 juta dosis yang cukup untuk melindungi 5 juta orang. Vaksin COVID-19 tersebut diharapkan tersedia pada akhir tahun jika pihak regulator medis Inggris menyetujuinya.

2. Amerika Serikat

Kepala program vaksin AS, Moncef Slaoi mengatakan warga Amerika bisa segera mendapat vaksin COVID-19 setidaknya awal Desember. Bahkan Trump baru-baru ini menyebut vaksin COVID-19 bisa diberikan pekan ini untuk kategori prioritas penerima vaksin terlebih dahulu.

“Orang Amerika pertama yang menerima vaksin bisa mendapatkannya secepat 11 Desember,” sebut Moncef, dikutip dari CNN.

“Rencana kami adalah dapat mengirimkan vaksin ke lokasi imunisasi dalam waktu 24 jam sejak persetujuan, jadi saya perkirakan mungkin pada hari kedua setelah persetujuan pada tanggal 11 atau 12 Desember,” lanjutnya.

3. Jerman

“Jerman juga dapat mulai memberikan suntikan vaksin COVID-19 secepat bulan depan,” kata Menteri Kesehatan Jerman, Jens Spahn pada Minggu.

Menurutnya, Spanyol dan Jerman adalah negara Uni Eropa pertama yang memiliki rencana vaksinasi COVID-19 secara lengkap.

“Ada alasan untuk optimis bahwa akan ada persetujuan untuk vaksin di Eropa tahun ini,” kata Spahn dalam wawancara dengan grup penerbitan RedaktionsNetzwerk Deutschland.

Ia menyebut telah meminta negara untuk menyiapkan persiapan vaksinasi COVID-19 setidaknya hingga pertengahan Desember, sejauh ini persiapan disebutnya berjalan baik.

“Saya lebih memilih pusat vaksinasi yang siap beberapa hari lebih awal daripada vaksin yang disetujui yang tidak segera digunakan,” sebut Spahn.

Jerman disebut telah mendapatkan lebih dari 300 juta dosis vaksin COVID-19. Angka tersebut dinilai cukup untuk vaksinasi warga Jerman.

Editor : Aron
Sumber : detik