Diego Maradona berselebrasi usai rekan setimnya Jorge Burruchaga mencetak gol kemenangan di babak kedua saat final Piala Dunia di Meksiko, 29 Juni 1994. Foto: REUTERS/Stringer
Diego Maradona akan selamanya terkenang karena, salah satunya, gol ‘Tangan Tuhan’ yang dibuatnya. Itu adalah ulah nakalnya di Piala Dunia 1986.
Pada 22 Juni 1986, laga perempat final Piala Dunia antara Timnas Argentina vs Inggris berlangsung di Estadio Azteca, Mexico City. Sebuah laga yang panas karena sejarah.
Gara-gara Falklands War yang meledak pada 1982 tentunya. Argentina kalah dari Inggris dalam perang itu.
Armada Carlos Bilardo bertekad membalas kekalahan perang itu lewat sepak bola. Pada akhirnya, Argentina menang 2-1 dan Maradona menjadi bintangnya.

1. Gol ‘Tangan Tuhan’ Diego Maradona ke gawang Inggris

Gol pertama Diego Maradona itu yang menjadi salah satu kontroversi paling besar dalam sejarah sepak bola. Awalnya, dia membawa bola dari tengah lapangan, melakukan penetrasi ke pertahanan Inggris.
Maradona lalu memberi umpan pendek datar pada Jorge Valdano dan rekannya itu mengontrol bola ke udara dengan kaki. Namun, Steve Hodge sudah siap di belakang Valdano dan menyambar bola.
Bola itu ditendang ke belakang, dengan harapan Peter Shilton bakal sigap mengamankannya. Namun, Maradona lebih cerdik.
Maradona yang punya tubuh lebih pendek melompat dan mendorong bola ke gawang dengan tangan kirinya. Gol. Wasit Ali Bin Nasser asal Tunisia alpa melihat insiden handball itu.
Tangan Tuhan Diego Maradona: Bobol Jala Inggris dan Gagalkan Gol Soviet (1)
Bintang Argentina Diego Maradona berselebrasi setelah mencetak gol kemenangan permainannya melawan Inggris di semifinal Piala Dunia di Meksiko, 22 Juni 1986. Foto: REUTERS/Ted Blackbrow/Pool

2. Penyelamatan ‘Tangan Tuhan’ Diego Maradona

Selain insiden ‘Tangan Tuhan’ berupa gol ke gawang Inggris tersebut, sejatinya ada satu lagi insiden macam itu. Empat tahun setelahnya, juga di Piala Dunia, Maradona kembali berulah dengan tangannya.
Pada 13 Juni 1990, Argentina menghadapi Uni Soviet di Stadio San Paolo, Italia. Kala itu, Albiceleste menang 2-0 berkat gol Pedro Troglio dan Jorge Burruchaga.
Akan tetapi, ada insiden yang tak disadari oleh wasit Erik Fredriksson asal Swedia. Ya, inilah ‘Tangan Tuhan’ yang lain dari Maradona.
Di tengah-tengah pertandingan, ada momen pemain Soviet berhasil menanduk bola umpan sepak pojok ke arah gawang Argentina. Nery Pumpido selaku kiper ‘Tim Tango’ berada di posisi yang kurang bagus, tetapi gol tak tercipta lantaran bola ditahan oleh tangan kanan Maradona.
Editor : Parna
Sumber : kumparan