Menjelang gelaran kontes kecantikan tahunan Miss World, banyak negara yang telah mengadakan pemilihan masing-masing perwakilan di negaranya sendiri. Salah satunya adalah Vietnam yang baru saja menggelar ajang pemilihan Miss Vietnam 2020, pada Sabtu (21/10) waktu setempat. Dari ajang kontes kecantikan tersebut, terpilihlah pemenang bernama Do Thi Ha yang berhasil mendapatkan mahkota sekaligus menjadi wakil resmi Vietnam di ajang Miss World 2020.
Mengutip Angelopedia, perempuan berusia 19 tahun itu berhasil meraih posisi pertama dan mengalahkan dua finalis lain di grand final Miss Vietnam 2020, yakni Pham Ngoc Phuong Anh dan Le Ngoc Thao.
Tak hanya karena wajahnya yang rupawan, ternyata Do Thi Ha juga berhasil memenangkan kontes kecantikan itu karena kepintarannya. Lalu, seperti apa sosok Do Thi Ha? Berikut ini rangkuman beberapa fakta menariknya.

Anak Seorang Petani

Do Thi Ha yang berasal dari kota Thanh Hoa, Vietnam, ternyata datang dari latar belakang keluarga yang sangat sederhana. Mengutip Mothership SG, perempuan yang berstatus mahasiswa itu merupakan anak dari seorang petani.
Meski datang dari latar belakang keluarga yang sangat sederhana, namun tekadnya untuk meraih cita-cita dan juga mimpi sangatlah kuat. Bahkan, kisah kemenangannya di ajang kecantikan tersebut juga sangat menginspirasi banyak perempuan di Vietnam.

Perempuan yang Baik dan Berprestasi

Do Thi Ha mengaku ia ingin menjadi anak baik dan menjadi kebanggan orang tuanya. Hal ini nampaknya terwujud, karena kabar kemenangannya di ajang Miss Vietnam 2020 membuat keluarganya sangat bangga terhadap Do Thi Ha.
Dalam sebuah sesi wawancara, sang ayah yang menyebut Do Thi Ha sebagai anak yang baik dan berprestasi sejak kecil. “Saya tidak peduli seberapa baik atau tingginya pendidikan dia, tapi yang harus dijunjung adalah moralitas. Saya selalu menekankan hal itu kepada anak-anak saya,” katanya.

Pernah Bekerja Sebagai Gembala Sapi

Perempuan yang saat ini sedang menempuh pendidikan di National Economics University itu ternyata telah melakukan banyak profesi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selain bekerja di bidang fashion, Do Thi Ha juga tercatat pernah bekerja sebagai penggembala anak-anak sapi hingga pelayan.

Menggunakan Uang Tabungan untuk Ikut Ajang Kecantikan

Ada satu fakta lain tentang keikutsertaan Do Thi Ha di ajang Miss Vietnam 2020. Mengutip Nextshark, Do Thi Ha ternyata menggunakan uang tabungannya untuk mengikuti kontes kecantikan tersebut. Ternyata pengorbanannya tak sia-sia karena Do Thi Ha berhasil menang sebagai Miss Vietnam 2020 dan berhak mendapatkan hadiah sebesar 350 juta Dong Vietnam atau sekitar Rp 215 jutaan.

Ingin Menjadi Panutan untuk Gadis-gadis Muda

Saat kontes Miss Vietnam 2020, Do Thi Ha pernah ditanya mengenai hal apa yang ia ingin ia lakukan ketika memenangkan Miss Vietnam 2020. Ia pun dengan singkat menjawab bahwa dirinya ingin menjadi panutan untuk gadis-gadis muda.
“Saya pikir apakah saya akan menjadi panutan untuk orang-orang muda atau tidak, saya harus selalu menginspirasi orang-orang muda. Saka akan melakukannya,” kata Do Thi Ha.
Editor : Parna
Sumber : kumparan