Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sempat memberikan sindiran ke Susi Pudjiastuti sepekan sebelum ditangkap dan kemudian ditetapkan tersangka oleh KPK terkait kasus ekspor benur. Seperti diketahui Susi merupakan pendahulu Edhy atau Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019.

Pada 19 November lalu, Edhy sempat menyindir Susi terkait kebijakan budidaya udang. Dalam acara Jakarta Food Security Summit-5 yang digelar secara daring, Edhy menyebutkan jika saat in budidaya udang di Indonesia masih belum maksimal.

Padahal jika inovasinya baik maka budidaya bisa maksimal seperti di Muara Gembong, yang mampu menghasilkan 40 ton dalam 1 kali panen. Dia menyebut jika ini berpotensi besar untuk perikanan Indonesia.

Edhy menyebut jika kebijakan pimpinan KKP yang dulu justru memperketat pembukaan lahan tambak udang dengan mengambil lahan mangrove. Edhy Prabowo mengatakan, kebijakan dari pendahulunya 5 tahun yang lalu dinilai membuat sektor industri itu terhenti.

Seperti diketahui, 5 tahun yang lalu KKP masih dipimpin oleh Susi Pudjiastuti.

“Kalau kita melihat 5 tahun lalu bagaimana para industriawan kita di sektor ini berhenti hanya karena beberapa kebijakan yang mengadu. Dihadapkan antara sustainability, keberlangsungan dengan prosperity,” ucapnya.

Menurut Edhy kebijakan tersebut tidak memikirkan kemakmuran rakyat.

“Sebagai misal kalau orang buka tambak selalu diperhadapkan dengan bagaimana lahannya, menebangi mangrove dan sebagainya. Padahal untuk menyejahterakan masyarakat, memberi kehidupan mereka layak, tidak perlu sampai berhektar-hektar lahan. Sementara kita lihat semua di lapangan, banyak masyarakat yang memiliki tambak lebih dari 2 hektar di luar Jawa, tapi tidak pernah produktivitasnya bisa lebih dari 1 ton,” kata Edhy Prabowo.

Editor : Aron
Sumber: detik