Hyundai Palisade. Foto: dok. Hyundai
Hyundai Palisade rupanya bakal segera meluncur di Indonesia. Sumber kumparan menginformasikan bahwa unitnya telah berada di Pelabuhan Tanjung Priok sedang dalam proses bongkar muat dari peti kemas.
Sumber juga menyebut, Hyundai Palisade tersebut menggunakan mesin Diesel 2.200 CRDi, persis seperti bocoran yang kumparan ungkap sebelumnya. Ini tampak dari emblem pada bagian belakang mobil bertuliskan 2.2D.
Hyundai Palisade Sudah Sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, Segera Meluncur (1)
Hyundai Palisade. Foto: dok. Hyundai
Mengacu spesifikasi resmi, mesinnya berkubikasi 2.199 cc, dengan turbo (VGT) yang menjanjikan tenaga 197 dk pada 3.800 rpm dan torsi puncak 441 Nm yang dicapai pada putaran 1.750 hingga 2.750 rpm.
Daya maksimumnya tersebut dikawinkan pada transmisi otomatis 8-percepatan.
Selain itu kecepatan puncaknya bisa sampai 190 km/jam, sementara kemampuan larinya dari diam hingga 100 km/jam membutuhkan waktu 10,5 detik. Konsumsi BBM-nya dari klaim Hyundai di angka 13 km/liter.
Hyundai Palisade Sudah Sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, Segera Meluncur (2)
Hyundai Palisade. Foto: dok. Caranddriver
Soal kenyamanan, Hyundai Palisade memiliki jok tengah model captain seat. Kemudian dari fitur keselamatannya sudah dilengkapi Rear Cross Traffic Collision Warning, Blind Spot Collision Warning, hingga Safety Exit Assist, yang akan memberi peringatan bahaya ketika membuka pintu untuk turun dari mobil.

Kapan Hyundai Palisade meluncur?

Tenaga penjual Hyundai di wilayah Jakarta Timur menuturkan belum mengetahui detail resmi, kapan Palisade diluncurkan. Namun yang pasti konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan inden.
Hyundai Palisade Sudah Sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, Segera Meluncur (3)
Hyundai Palisade. Foto: dok. Hyundai
“Tanda jadinya Rp 10 juta dan langsung masuk daftar inden yang diprioritaskan, karena bisa langsung dapat unitnya Januari 2020,” terangnya kepada kumparan.
Bocoran lain yang bisa diungkap adalah varian dan estimasi harga Hyundai Palisade. SUV premium tersebut kabarnya akan terbagi menjadi beberapa varian.
“Yang bisa diinfokan lagi mesinnya turbo Diesel 2.2L CRDi VGT dan ada dua tipe yakni Signature dan Prime. Harganya Rp 800 sampai sekitar Rp 1,1 miliar,” tambahnya.
Hyundai Palisade Sudah Sampai di Pelabuhan Tanjung Priok, Segera Meluncur (4)
Interior Hyundai Palisade. Foto: dok. Istimewa
Peluncuran Hyundai Palisade di Indonesia mencuat setelah nama SUV premium tersebut tertera pada informasi NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) dalam laman Badan Pajak Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.
Hyundai Palisade memiliki nilai jual atau off the road Rp 459 juta (kini tertera harganya menjadi Rp 528 juta).
Menarik dinantikan kehadirannya di Tanah Air, biar pilihannya makin ramai dan siap menjadi kompetitor Mazda CX-9, BMW X7, Mercedes-Benz GLS hingga Toyota Land Cruiser.
Editor : Parna
Sumber : kumparan