Ilustrasi bekas jerawat.
Jerawat adalah permasalahan kulit yang kerap kali terjadi pada sebagian besar perempuan. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat, di antaranya hormon, depresi, dan salah satunya pola makan.
Dikutip dari Medical News Today, pola makan memegang peran yang sangat penting dalam munculnya jerawat. Bila pola makan tidak teratur maka potensi munculnya jerawat di wajah akan lebih besar. Sebaliknya, bila pola makan teratur, potensi jerawat yang muncul akan lebih kecil.
Melihat besarnya pengaruh pola makan terhadap kemunculan jerawat, Ladies harus cermat dalam memilih makanan apa saja yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Jangan sampai makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda membawa pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan kulit wajah. Di bawah ini ada beberapa makanan yang harus Ladies hindari untuk mengurangi munculnya jerawat.

1. Susu

5 Makanan Ini Dapat Memicu Munculnya Jerawat di Wajah (1)
Ilustrasi menyimpan susu dalam kulkas Foto: dok.Shutterstock
Susu atau produk olahan susu seperti keju, es krim dan yogurt dapat memicu munculnya jerawat. Meski masih belum dikatakan dengan jelas manakah yang lebih berpotensi menyebabkan jerawat apakah susu atau produk olahannya, tetapi perlu diketahui juga bahwa susu dapat meningkatkan kadar insulin yang dapat memperburuk kondisi wajah yang berjerawat. Jadi, Ladies sebaiknya untuk mengurangi susu atau produk olahan susu agar terhindar dari munculnya jerawat.

2. Cokelat

5 Makanan Ini Dapat Memicu Munculnya Jerawat di Wajah (2)
Cokelat truffle. Foto: Shutterstock
Tidak perlu diragukan lagi bila mengonsumsi cokelat yang berlebih akan memicu munculnya jerawat. Penyebab utamanya karena ada kandungan gula serta susu di dalam cokelat. Gula yang berlebih akan menyebabkan munculnya jerawat pada wajah begitu juga dengan susu. Maka dari itu, ketika mengonsumsi cokelat, pengaruh munculnya jerawat pada wajah akan lebih besar.

3. Makanan cepat saji

5 Makanan Ini Dapat Memicu Munculnya Jerawat di Wajah (3)
Ilustrasi makanan cepat saji Foto: dok.shutterstock
Makanan cepat saji kaya akan kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Tak hanya itu, kebanyakan makanan cepat saji mengandung minyak yang tinggi. Tingginya minyak yang dikonsumsi menyebabkan kandungan lemak dalam sebum (kelenjar minyak) juga menjadi lebih tinggi. Kemudian, tingginya sebum akan menyumbat pori-pori yang kemudian akan menimbulkan munculnya jerawat.

4. Lemak trans

5 Makanan Ini Dapat Memicu Munculnya Jerawat di Wajah (4)
Popcorn mengandung lemak trans. Foto: Pixabay
Lemak trans berasal dari minyak sayur yang telah digunakan untuk memasak dan biasa ditemukan dalam makanan olahan, seperti biskuit ataupun mentega. Nah, bila dikonsumsi secara berlebihan, hal ini dapat menyebabkan peradangan yang memicu jerawat untuk muncul.

5. Makanan berkarbohidrat dan gula

5 Makanan Ini Dapat Memicu Munculnya Jerawat di Wajah (5)
Ilustrasi minuman soda mengandung banyak gula Foto: dok.shutterstock
Banyaknya karbohidrat yang dikonsumsi dapat mempengaruhi munculnya jerawat. Contoh makanan karbohidrat dengan kandungan gula yang tinggi, antara lain adalah roti, nasi, soda, atau pemanis buatan seperti sirup. Karbohidrat dengan kandungan gula yang tinggi ini akan diserap dan dapat meningkatkan naiknya kadar insulin. Seperti yang Ladies ketahui, kadar insulin yang tinggi dapat memicu munculnya jerawat.
Editor : Parna
Sumber : kumparan