Pandemi virus corona bukan hanya berakibat pada masalah kesehatan semata tapi juga masalah kekerasan dalam rumah tangga. Di Hari Anti Kekerasan Perempuan pada Rabu 25 November membuktikan data meningkatnya kekerasan terhadap perempuan.

Dari lonjakan pemerkosaan di Nigeria dan Afrika Selatan, peningkatan jumlah perempuan yang hilang di Peru, tingkat yang lebih tinggi dari perempuan yang dibunuh di Brasil dan Meksiko, serta kewalahan pergaulan di Eropa: pandemi telah memperburuk wabah kekerasan seksual.

Menurut data PBB yang dirilis pada akhir September, penguncian telah menyebabkan peningkatan keluhan atau seruan untuk melaporkan kekerasan dalam rumah tangga sebesar 25 persen di Argentina, 30 persen di Siprus dan Prancis, dan 33 persen di Singapura.

Hal ini mungkin terjadi karena lockdown atau pembatasan akses ruang publik yang dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona, namun ini juga mengakibatkan perempuan dan anak-anak ‘dikurung’ di rumah.

“Rumah itu adalah tempat paling berbahaya bagi wanita,” kata asosiasi Maroko pada April ketika mereka mendesak pihak berwenang untuk “tanggap darurat” dikutip dari AFP.

Hanaa Edwar dari Jaringan Wanita Irak, mengatakan kepada AFP telah terjadi “kemerosotan berbahaya dalam situasi sosial ekonomi bagi keluarga setelah penguncian, dengan lebih banyak keluarga jatuh miskin, yang menyebabkan reaksi kekerasan”.

Di Brasil, 648 pembunuhan wanita tercatat di paruh pertama tahun ini, peningkatan kecil dari periode yang sama pada 2019 menurut Forum Brasil untuk Keamanan Publik.

Sementara pemerintah telah meluncurkan kampanye untuk mendorong perempuan untuk mengajukan pengaduan, forum tersebut mengatakan bahwa langkah-langkah yang dirancang untuk membantu para korban masih belum cukup.

Tindak kekerasan suami pada istri

Di India, Heena – bukan nama sebenarnya – seorang juru masak berusia 33 tahun yang tinggal di Mumbai, mengatakan dia merasa “terjebak di rumahnya” dengan suaminya yang tidak bekerja, mengonsumsi obat-obatan terlarang dan melakukan kekerasan. Saat dia menggambarkan apa yang telah dia alami, dia sering menangis.

Setelah membeli obat-obatan, “dia akan menghabiskan sisa harinya dengan bermain ponsel di PubG (PlayerUnknown’s Battlegrounds) atau memukuli dan melecehkan saya,” katanya kepada AFP melalui telepon.

Pada tanggal 15 Agustus, suaminya memukuli Heena lebih buruk dari sebelumnya, di depan putra mereka yang berusia tujuh tahun, dan mengusirnya dari rumah pada pukul 3:00 pagi.

“Aku tidak punya tempat tujuan,” katanya. “Saya hampir tidak bisa menggerakkan tubuh saya – dia memukul saya habis-habisan, tubuh saya bengkak.”

Alih-alih melapor ke polisi, dia berhasil sampai ke rumah temannya dan kemudian ke orang tuanya. Dia sekarang berjuang untuk hak asuh putranya, tetapi pengadilan tidak bekerja penuh waktu karena Covid.

Dia tidak melihat putranya dalam empat bulan, meskipun dia berhasil meneleponnya sembunyi-sembunyi beberapa kali.

Upaya penyelamatan

Di seluruh dunia, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa hanya satu dari delapan negara yang telah mengambil tindakan untuk mengurangi dampak pandemi terhadap wanita dan anak-anak.

Di Spanyol, para korban dapat secara diam-diam meminta bantuan di apotek dengan menggunakan kode “masker-19”, dan beberapa asosiasi Prancis mendirikan titik kontak di supermarket.

“Para wanita yang datang kepada kami berada dalam situasi yang menjadi tak tertahankan, berbahaya,” kata Sophie Cartron, asisten direktur sebuah asosiasi yang bekerja di sebuah pusat perbelanjaan dekat Paris.

“Lockdown menciptakan sebuah dinding diam,” katanya.

“Kami tidak akan dapat berdemonstrasi untuk mengungkapkan kemarahan kami, atau berbaris bersama,” kata perwakilan kelompok Family Planning yang berbasis di Paris.Pawai untuk hak-hak perempuan baru-baru ini terjadi di Kosta Rika, Guatemala, Liberia, Namibia dan Rumania.

“Tapi kami akan membuat diri kami terdengar sama, secara virtual dan visual.”

Pada Juli, PBB memperkirakan bahwa enam bulan pembatasan dapat mengakibatkan 31 juta kasus tambahan kekerasan seksual di dunia dan tujuh juta kehamilan yang tidak diinginkan.

PBB mengingatkan bahwa situasi itu juga merusak perjuangan melawan mutilasi alat kelamin perempuan dan kawin paksa.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia