Ilustrasi. Tomat jadi salah satu makanan terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru. (Pexels)

Menjaga kesehatan paru-paru adalah hal terbaik yang bisa dilakukan saat ini, salah satunya lewat asupan makanan. Berikut makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru.

Sejumlah masalah kesehatan paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan fibrosis paru dapat memengaruhi kualitas hidup secara signifikan. Belum lagi kini pandemi Covid-19 yang tengah mengancam miliaran umat Bumi.

Penelitian menunjukkan, modifikasi gaya hidup, termasuk mengikuti pola makan kaya nutrisi, dapat melindungi paru-paru, bahkan mengurangi risiko kerusakan yang diakibatkan.

Terlebih, nutrisi dalam makanan tertentu telah diidentifikasi memberikan manfaat maksimalnya untuk fungsi paru-paru.

Melansir Healthline, berikut 10 makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru.

1. Bit

Bit yang berwarna merah cerah mengandung senyawa nitrat yang dapat mengoptimalkan fungsi paru-paru. Nitrat membantu mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mengoptimalkan pengambilan oksigen.

Suplemen bit telah terbukti meningkatkan kinerja fisik dan fungsi paru-paru pada orang yang memiliki masalah kesehatan paru seperti PPOK yang menyebabkan tekanan darah tinggi.

Ilustrasi apelIlustrasi. Kandungan antioksidan yang kaya membuat apel jadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru. (Pixabay/skeeze)

2. Apel

Penelitian menunjukkan, konsumsi apel secara teratur dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Konsumsi lima atau lebih apel per pekan ditemukan dapat menurunkan risiko pengembangan PPOK.

Selain itu, asupan apel juga dapat menurunkan risiko asma dan kanker paru-paru. Hal ini terjadi berkat konsentrasi antioksidan yang tinggi pada apel, termasuk flavonoid dan vitamin C.

3. Labu

Labu kaya akan karotenoid yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi. Studi menunjukkan, kadar karotenoid dalam darah dapat meningkatkan fungsi paru-paru.

Kelompok perokok disebut bisa mendapatkan manfaat yang signifikan dari konsumsi labu. Bukti menunjukkan, konsentrasi antioksidan karotenoid 25 persen yang lebih rendah para perokok dapat membahayakan kesehatan paru-paru.

4. Kunyit

Efek antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki membuat kunyit jadi salah satu makanan terbaik untuk paru-paru. Kurkumin, komponen aktif utama pada kunyit, sangat bermanfaat untuk mendukung fungsi paru-paru.

Studi juga menemukan, asupan kurkumin pada kelompok perokok dikaitkan dengan fungsi paru yang 9,2 persen lebih baik daripada kelompok perokok yang tidak mengonsumsi kunyit.

Pola makan kaya nutrisi dapat membantu melindungi paru-paru tetap kuat. Berikut 10 makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru Anda. Ilustrasi. Tomat jadi salah satu makanan terbaik untuk menjaga kesehatan paru-paru. (Pexels)

5. Tomat

Tomat kaya akan likopen, senyawa antioksidan karotenoid yang dikaitkan dengan peningkatan kesehatan paru-paru. Konsumsi tomat telah terbukti dapat mengurangi peradangan saluran napas pada penderita asma dan meningkatkan fungsi paru pada pengidap PPOK.

6. Blueberry

Blueberry sarat dengan nutrisi seperti antosianin, malvidin, sianidin, peonidin, delphinidin, dan petunidin. Karena itu-lah, blueberry jadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru.

Antosianin merupakan pigmen kuat yang telah terbukti melindungi jaringan paru-paru dari kerusakan oksidatif. Sebuah penelitian menemukan, konsumsi dua atau lebih porsi blueberry per minggu dapat memperlambat penurunan fungsi paru-paru hingga 38 persen.

7. Teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG) yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi. EGCG telah terbukti menghambat fibrosis paru.

Fibrosis paru merupakan penyakit yang ditandai dengan perkembangan jaringan parut yang progresif, yang dapat mengganggu fungsi paru. Beberapa penelitian menemukan, EGCG dapat membantu mengobati penyakit ini.

8. Kol ungu

Sama seperti blueberry, kol ungu kaya akan kandungan antosianin. Asupan antosianin dapat membantu memperlambat penurunan fungsi paru-paru.

Terlebih lagi, kol dikemas dengan banyak serat. Studi menunjukkan, orang yang mengonsumsi lebih banyak serat memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

9. Kacang edamame

Kacang edamame mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Diet kaya isoflavon dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit, termasuk PPOK.

Sebuah studi menemukan, orang dengan PPOK memiliki asupan isoflavon yang lebih rendah daripada kelompok kontrol yang sehat. Asupan isoflavon juga ditemukan dapat mengurangi sesak napas.

10. Tiram

Tiram sarat dengan nutrisi penting untuk paru-paru, termasuk seng, selenium, vitamin B, dan tembaga.

Studi menunjukkan, orang dengan kadar selenium dan tembaga dalam darah yang lebih tinggi memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik.

Selain itu, tiram juga menjadi sumber vitamin B dan seng yang baik. Kedua nutrisi ini sangat penting bagi kelompok perokok. Penelitian juga menemukan, asupan seng yang lebih tinggi dapat membantu melindungi perokok dari pengembangan PPOK.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia