Vanessa Ange dan anaknya. Foto : Instagram/@vanessaangelofficial

Kuasa hukum Toddy Laga terus mengupayakan ruang khusus menyusui untuk putra Vanessa Angel, Gala Sky Ardiansyah, di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pondok Bambu. Vanessa masuk penjara sejak Rabu (18/11),

Untuk sementara Vanessa menyediakan stok Air Susu Ibu (ASI) bagi putranya yang masih berusia empat bulan itu. Selama pandemi Covid-19 pihak lapas memperketat keamanan sehingga tahanan tidak bisa sembarang membawa orang masuk ke area lapas.

“Tetap upayakan, tapi pandemi jadi lapas screeningnya ketat, kemarin mbak Vanessa untuk masuk ke area lapas harus diswab. Kita yang jadi pendamping juga jalani rapid,” kata kuasa hukum Vanessa.

“Mereka juga masih memikirkan caranya, karena tidak semua orang bisa masuk, kita usahakan terus,” tambahnya.

Toddy menyatakan untuk sementara Vanessa akan menyiapkan ASI yang disimpan di dalam botol ASI. Stok ASI tersebut kemudian diserahkan ke salah satu anggota keluarga yang telah diberi akses untuk mengambil stok ASI yang telah disiapkan.

“Nanti mbak Vanessa akan pumping [pompa] ASI-nya buat disimpan, untuk awal nanti suami yang rutin ambil stok ASI dari mbak Vanessa, atau ibu mertuanya mbak Vanessa,” kata Toddy.

Cara tersebut merupakan solusi yang bisa diambil untuk sementara sampai ada perkembangan lebih lanjut dari pihak lapas. Toddy juga menggambarkan kondisi pandemi saat ini telah membuat pihak keluarga sulit untuk bertemu Vanessa.

“Karena sekarang tidak bisa sembarang masuk, sekarang untuk jenguk juga jadi sulit karena pandemi, jadi hanya boleh video call karena sekarang semua diperketat dan dibatasi,” kata Toddy

Sementara itu, setelah resmi ditetapkan jadi penghuni rutan Pondok Bambu, Vanessa tidak langsung berbaur dengan tahanan lain karena harus menjalani masa karantina mandiri. Meskipun hasil tes yang diambil menunjukkan hasil negatif, Vanessa tetap harus menjalani karantina selama 14 hari.

“Beliau sekarang masih di karantina 14 hari, walau hasil tesnya negatif tapi karena kemarin juga bertemu orang pas menunggu di lapas, mereka juga tidak mau ambil risiko,” kata Toddy.

Namun Toddy belum sempat melihat kondisi ruang karantina yang disediakan untuk Vanessa karena pihak lapas tidak memberikan akses ke sembarang orang.

“Masa pandemi begini jadi riskan karena mereka hidup di lingkungan yang tertutup, kalau ada satu kena Covid-19 jadi gampang menyebar ke yang lain,” tambahnya.

Sementara itu, saat ditanya tentang kabar putra tunggal Vanessa Angel, Toddy mengabarkan Gala dalam kondisi sehat. Toddy juga mengatakan bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut juga ikut mengantar Vanessa ke rutan Pondok Bambu pada Rabu (18/11) siang kemarin.

“Kemarin anaknya juga ikut mengantar tapi tidak masuk ke lapas, karena riskan kalau dibawa-bawa keluar, jadi putranya di mobil bersama ibu mertua,” kata Toddy.

Toddy dan keluarga Vanessa mengharapkan yang terbaik untuk Vanessa yang sekarang berada di balik rutan Pondok Bambu. Keluarga selalu mendoakan yang terbaik untuk Vanessa agar kuat dalam menjalani masa tahannya.

“Keluarga berusaha untuk ikhlas. Ini semua harus dijalani, dari kita pokoknya keluarga selalu berdoa semoga Vanessa kuat, suami kuat, dan semoga anaknya sehat,” kata Toddy.

Vanessa tiba Rabu (18/11) pagi di lapas wanita Pondok Bambu didampingi sang suami Bibi Ardiansyah.

Vanessa nantinya akan menjalani masa tahanan di dalam lapas  setelah divonis tiga bulan penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat terkait kepemilikan obat-obatan terlarang jenis pil Xanax.

Sebelumnya Vanessa sempat menjadi tahanan kota sejak 9 April 2020. Rencananya selama 1,5 bulan Vanessa akan mendekam di dalam sel tahanan dan baru bisa bebas kembali sekitar akhir bulan Desember nanti.

Ibu mertua Vanessa yang ikut mengantarkan keberatan dengan masa tahanan yang dibebankan karena menantunya memiliki anak yang masih bayi.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia