Joan Mir bisa jadi rival Marc Marquez di MotoGP 2021. (AFP/LLUIS GENE)

Pembalap asal Spanyol Tito Rabat menilai level Joan Mir saat ini setara dengan Marc Marquez di MotoGP.

Rabat mengirimkan surat terbuka kepada Marca yang ditujukan kepada Joan Mir usai berhasil merebut gelar juara dunia MotoGP 2020.

Dalam surat tersebut, Rabat yang sukses menjuarai Moto2 2014 sudah pernah berlatih bersama Mir dan Marquez. Artinya, Rabat mengenal kedua pembalap dengan baik.

“Saya cukup beruntung bisa berlatih dengan para juara seperti Marc Marquez, Alex Marquez, Julito Simon atau dengan Anda (Mir),” kata Rabat.

Pembalap 31 tahun itu menyebut Mir pantas menyabet gelar juara dunia. Selain fokus, Mir juga dianggap sebagai pribadi yang rendah hati.

Rabat sudah jauh-jauh hari meyakini Mir bisa mengalahkan Marquez yang belakangan mendominasi gelar juara dunia MotoGP.

“Saya sangat yakin bahwa Anda memiliki level untuk melawan Marc atau pembalap manapun. Kemudian, seperti biasa, persaingan akan bergantung pada banyak hal termasuk motor, ban, dan faktor lainnya,” ujar Rabat.

MotoGP rider Marc Marquez of Spain steers his motorcycle during the Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, July 19, 2020. (AP Photo/David Clares)Marc Marquez terpaksa absen di banyak seri MotoGP 2020 karena cedera lengan. (AP/David Clares)

Mir memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020 meski hanya mampu finis di posisi ke-7 MotoGP Valencia, Minggu (15/11). Ini merupakan gelar pertama bagi pembalap Suzuki berusia 23 tahun itu.

Sementara Marquez, yang telah mengoleksi enam gelar juara dunia MotoGP harus rela menyerahkan gelar kepada Mir. Marquez harus absen sepanjang musim usai mengalami kecelakaan di MotoGP Spanyol atau seri pembuka musim ini.

Live streaming MotoGP Portugal 2020 bisa disaksikan di CNNIndonesia.com pada Minggu (22/11). Sementara siaran langsung balapan akan disiarkan stasiun televisi Trans7.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia