Selebrasi pemain Spanyol saat melawan Jerman di Estadio La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: Marcelo Del Pozo/Reuters
Spanyol meraih kemenangan besar atas Jerman di laga UEFA Nations League, Rabu (18/11) dini hari WIB. La Furia Roja menang dengan skor 6-0.

Gol-gol dari Alvaro Morata, Ferran Torres (3 gol), Rodri, Mikel Oyarzabal menjadi mimpi buruk bagi Manuel Neuer di bawah mistar Jerman. Kemenangan ini juga berarti pasukan Luis Enrique mengudeta Die Mannschaft di puncak klasemen Liga A Grup 4 dan berhak lolos ke fase selanjutnya.

Well, di sisi lain, Jerman kini tahu rasanya kalah telak dengan selisih margin skor enam gol. Fans Brasil boleh jadi semringah melihat skor akhir di Estadio La Cartuja ini.

kumparan BOLA memaparkan 6 fakta menarik Spanyol vs Jerman di UEFA Nations League yang berkesudahan 6-0 ini. Informasi dan data dikutip dari Squawka.

6 Fakta Menarik Spanyol Libas Jerman 6-0 di UEFA Nations League (1)
Kiper Timnas Jerman, Manuel Neuer. Foto: Carl Recine/Reuters
1) Pengalaman buruk pertama Manuel Neuer

Ini adalah pertama kalinya Manuel Neuer kebobolan setidaknya enam gol dalam pertandingan kompetitif dalam karier profesionalnya. Pengalaman pertama.

6 Fakta Menarik Spanyol Libas Jerman 6-0 di UEFA Nations League (2)
Ekspresi pemain Ferran Torres (nomor 18) saat melawan Jerman di Estadio La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: Marcelo Del Pozo/Reuters

2) Hari fenomenal Ferran Torres

Ferran Torres tampil memukau nan fenomenal. Selain mencetak hattrick, statistik lainnya juga layak diamati. Winger Man City itu melepas total 7 tembakan (4 akurat), 2 dribel sukses, dan 2 umpan kunci.

Dan, oh, bicara soal trigolnya, hanya ada tiga pemain yang mampu membobol gawang Jerman tiga kali dalam sebuah laga kompetitif, sejak reunifikasi mereka pada tahun 1990. Torres adalah salah satunya.

6 Fakta Menarik Spanyol Libas Jerman 6-0 di UEFA Nations League (3)
Selebrasi pemain Spanyol saat melawan Jerman di Estadio La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: Marcelo Del Pozo/Reuters

3) Dominasi Spanyol

Spanyol tampil begitu dominan secara statistik atas Jerman, termasuk soal penguasaan bola hingga 70%. Dani Olmo dan kolega total membuat 23 tembakan (10 akurat), Timo Werner cs. cuma melepas 2 tembakan tak akurat.
6 Fakta Menarik Spanyol Libas Jerman 6-0 di UEFA Nations League (4)
Ferran Torres (18) dan Fabian Ruiz (17), dua jagoan Spanyol saat melawan Jerman di Estadio La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: Marcelo Del Pozo/Reuters

4) Fabian Ruiz jadi pembeda

Sergio Canales harus ditarik keluar pada menit 12 karena cedera. Seolah, itu tampak menjadi pertanda nasib sial bagi Spanyol.

Namun, nyatanya tidak, sebab Fabian Ruiz yang jadi penggantinya malah tampil memukau. Gelandang Napoli itu mencetak dua assist, salah satunya untuk Alvaro Morata si pencetak gol pembuka Spanyol.

6 Fakta Menarik Spanyol Libas Jerman 6-0 di UEFA Nations League (5)
Pertandingan antara Spanyol vs Jerman di Estadio La Cartuja, Seville, Spanyol. Foto: Marcelo Del Pozo/Reuters

5) Kekalahan besar Jerman

Well, skor akhir 6-0 ini memberi Jerman kekalahan terbesar mereka dalam 89 tahun. Ketika kebobolan 3-0 di babak pertama, itu menjadi untuk pertama kalinya Jerman kebobolan tiga gol atau lebih di babak pertama laga kompetitif, sejak 1958 (3-6 vs Prancis).

Jadi, sudah saatnya mengganti Joachim Loew?

6) Spanyol kehilangan Ramos dan Canales

Seperti yang tadi sudah disebutkan di atas, Canales ditarik keluar karena cedera. Tepatnya, cedera hamstring. Sergio Ramos juga bernasib serupa, kapten Real Madrid itu ditarik pada menit 43 karena masalah serupa.

Editor : Aron
Sumber : Kumparan