Youri Tielemans menciptakan goll di menit ke-10 setekah mendapata umpan dari Romelu Lukaku. (@EURO2020/twitter)

Timnas Belgia mengalahkan timnas Inggris dalam matchday kelima UEFA Nations League di Stadion Den Derf, Leuven, Senin (16/11) waktu Indonesia.

Tim tamu mencoba tampil menekan. Harry Kane membuka peluang Inggris ketika pertandingan baru berjalan tiga menit.

Menit ke-10 tuan rumah mengubah angka di papan skor. Berawal dari kemampuan pemain Belgia membaca umpan dan melakukan intersep. Bola dengan cepat digulirkan ke depan. Romelu Lukaku kemudian melepaskan umpan ke Youri Tielemans yang mengeksekusi peluang dari luar kotak penalti.

Inggris berupaya merespons, sundulan Harry Kane memanfaatkan sepak pojok hampir berbuah gol. Beruntung Lukaku ada di samping Thibaut Courtois dan membantu menghalau bola.

Belgia menggandakan keunggulan pada menit ke-23. Kesempatan dari tendangan bebas di luar kotak penalti tidak disia-siakan Dries Mertens. Eksekusi Mertens menempatkan bola di kanan gawang tidak dapat dijangkau Jordan Pickford.

England's Harry Kane, left, plays at the ball as Belgium's Toby Alderweireld watches during the UEFA Nations League soccer match between Belgium and England at the King Power stadium in Leuven, Belgium, Sunday, Nov. 15, 2020. (AP Photo/Francisco Seco)Timnas Inggris menelan kekalahan dari Belgia. (AP Photo/Francisco Seco)

Inggris lebih menguasai bola, namun The Three Lions tampak buntu mencetak gol. Belgia mematikan serangan Inggris dengan melakukan pertahanan rapat sehingga tidak ada celah bagi lawan menembus kotak penalti.

Pada babak kedua Inggris mulai menemukan ruang untuk dieksploitasi. Pemain-pemain Belgia pun harus melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti untuk menghentikan laju skuad Inggris.

Serangan armada The Three Lions kian serius seiring babak kedua berlalu, namun pertahanan Belgia mampu mengantisipasi.

Belgia yang terkesan tidak ingin menambah gol lagi sempat keluar menyerang dan menghasilkan peluang melalui Romelu Lukaku. Setelah itu kembali Inggris menguasai bola dan sempat membuat gempar pertahanan Belgia.

Hingga laga bubar, Belgia tetap mempertahankan skor 2-0. Belgia dipastikan tampil sebagai juara Grup A2 dengan 12 poin. Sementara Inggris terpaku di peringkat ketiga dan dipastikan tidak akan melaju ke semifinal karena terpaut lima poin dari Belgia dan pertandingan fase grup tinggal menyisakan satu laga lagi.

Susunan pemain inti timnas Belgia:
Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen; Thomas Meunier, Axel Witsel, Youri Tielemans, Thorgan Hazard; Dries Mertens, Romelu Lukaku. Kevin De Bruyne

Susunan pemain inti timnas Inggris:
Jordan Pickford; Kyle Walker, Eric Dier, Tyrone Mings; Kieran Trippier, Declan Rice, Jordan Henderson, Ben Chilwell; Mason Mount, Harry Kane, Jack Grealish

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia