Tekanan darah tinggi merupakan kondisi berbahaya yang dapat merusak jantung. Jika dibiarkan tidak terkontrol, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah secara alami, bahkan tanpa obat.

Darah tinggi yang disebut dengan hipertensi merupakan kondisi seseorang memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dari batas normal. Umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal 120/80 mmHg. Penyebab terjadinya tekanan darah tinggi dapat dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat dan obesitas.

Dikutip dari Medical News Today, berikut cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

1. Konsumsi cokelat hitam

Cokelat hitam dan bubuk kakao mengandung flavonoid, yaitu senyawa tumbuhan yang membantu mengendurkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, gunakan bubuk kakao non-alkali yang sangat tinggi flavonoid dan tidak mengandung gula tambahan.

2. Olahraga teratur

Olahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga yang teratur membuat jantung lebih kuat dan lebih efisien dalam memompa darah, yang dapat menurunkan tekanan di arteri. Berjalan selama 30 menit sehari juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Kurangi minum alkohol

Minum alkohol dapat meningkatkan tekanan darah. Faktanya, alkohol dikaitkan dengan penyebab 16% kasus tekanan darah tinggi di seluruh dunia.

Minum alkohol dalam jumlah berapa pun dapat meningkatkan tekanan darah. Batasi minum alkohol dengan jumlah yang sesuai dengan aturan.

4. Mengelola stres

Stres adalah pendorong utama tekanan darah tinggi. Saat mengalami stres kronis, tubuh selalu berada dalam mode pertarungan atau lari.

Pada tingkat fisik, itu berarti detak jantung lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Beberapa cara yang dapat membantu mengelola stres di antaranya mendengarkan musik, meditasi, dan bekerja tidak berlebihan.

5. Konsumsi buah beri

Buah beri memiliki kandungan polifenol, senyawa tumbuhan alami yang baik untuk jantung. Polifenol dapat membantu menurunkan tekanan darah dan semua risiko penyakit jantung.

 

Editor : Aron
Sumber : detik