Pembalap Mercedes Lewis Hamilton. REUTERS/Leonhard Foeger/Pool
Lewis Hamilton sukses meraih gelar dunia Formula 1 ketujuhnya. Pada balapan di GP Turki, Minggu (15/11) sore WIB, Hamilton berhasil meraih posisi pertama.
Ini merupakan gelar ketujuh Hamilton sepanjang kariernya. Catatan tersebut membuat Hamilton menyamai rekor yang dimiliki oleh Michael Schumacher.
Selain Hamilton, ada Sergio Perez (Racing Point) dan Charles Leclerc (Ferrari) yang ikut naik podium. Sementara, pesaing Hamilton di papan klasemen yakni Valtteri Bottas berada di posisi ke-14.
Di balapan kali ini, hujan turut mempengaruhi. Beberapa pebalap banyak yang slip sehingga urutan banyak yang berubah. Untungnya, Hamilton mampu konsisten dan bisa meraih posisi puncak.

Jalannya Balapan F1 GP Turki

Lance Stroll yang memulai start terdepan memacu mobilnya dengan baik sejak awal lomba. Pebalap asal Kanada itu dibuntuti oleh rekan setimnya yakni Sergio Perez dan Sebastian Vettel.
Sementara, Lewis Hamilton berada di posisi kelima di lap-lap awal. Sial, rekan satu tim Hamilton yakni Valtteri Bottas kudu terpental di tikungan pertama saat start membuatnya terlempar dari 10 besar.
Khusus untuk Vettel, pebalap Ferrari itu memulai start dengan sangat baik. Padahal, Vettel memulai balapan dari posisi ke-11.
Stroll terus menancapkan dominasinya di lap awal. Bahkan, Stroll mencatatkan fastest lap pada lap 4 dengan unggul 6,3 detik atas Perez yang ada di posisi kedua.
Alexander Albon sempat memimpin balapan saat pebalap di depannya masuk ke dalam pit. Ini merupakan pebalap asal Thailand perdana yang mampu memimpin balapan di F1.
Di lap ke-13, safety car masuk. Hal itu dikarenakan Giovinazzi dari Alfa Romeo masalah pada mobilnya. Ia pun harus keluar dari balapan.
Namun, pada lap ke-16, Stroll kembali memimpin balapan. Persaingan seru justru terjadi di posisi tengah. Hamilton yang ada di P6 terus mendekati Sebastian Vettel.
Sial melanda Verstappen di lap ke-18. Mobilnya berputar di tikungan ke-11. Pebalap asal Belanda itu harus turun ke posisi delapan.
Pesaing Hamilton di papan klasemen, Valtteri Bottas juga terpeleset di lap 22. Hal tersebut membuat Bottas terjerembab di posisi ke-17.
Posisi 10 besar di lap ke-23: Stroll, Perez, Albon, Vettel, Hamilton, Ricciardo, Sainz, Verstappen, Leclerc, dan Magnussen.
Pada lap 34, giliran Albon yang terpeleset. Posisi tiga yang terus didapatkan oleh Abon harus digantikan oleh Hamilton. Di lap yang sama, Stroll terus memimpin balapan. Pebalap asal Kanada itu unggul 1,3 detik dari Perez yang ada di posisi kedua.
Hamilton memperlihatkan kelasnya pada lap ke-37. Di tikungan ke-12, Hamilton melewati Perez dan merebut tempat terdepan. Posisi terdepan Hamilton juga tidak lepas dari Stroll yang masuk pit sebelumnya.
Posisi 10 besar di lap ke-47: Hamilton, Perez, Leclerc, Vettel, Sainz, Albon, Verstappen, Stroll, Ricciardo, dan Norris.
Hamilton memang memacu mobilnya dengan sangat baik. Pebalap asal Inggris itu unggul sekitar 18,8 detik dari Perez yang berada di posisi kedua.
Di delapan lap terakhir, Hamilton masih paling terdepan. Sementara, Stroll yang memulai balapan di depan malah turun ke posisi kedelapan. Tiga besar di lap ke-50: Hamilton, Perez, Leclerc.
Hamilton pun terus mempertahankan posisinya dan keluar sebagai juara GP Turki sekaligus meraih gelar juara dunia ketujuhnya.
Editor : Parna
Sumber : kumparan